Meski nggak kelihatan, tetap saja jerawat punggung sangat mengganggu penampilan. Sebelum diatasi, kamu perlu tahu dulu apa penyebabnya. Jerawat yang menyebar di punggung biasanya terjadi karena kadar minyak dan sebum yang berlebih pada kulit punggung kamu, sehingga bakteri mudah muncul dan menimbulkan jerawat. Bisa juga muncul karena stres dan pola diet yang tidak seimbang. Berikut ini, Hasna akan kasih tips untuk mengatasi jerawat punggung yang simpel dan mudah untuk diikuti. 

Jangan Tunda Mandi Setelah Beraktivitas

Dr. Murad, pendiri Murad Skincare, pernah mengatakan bahwa keringat yang menempel pada kulit dan pakaian dapat memicu tumbuhnya bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu ia menyarankan agar langsung mandi setelah beraktivitas agar keringat dan bakteri menghilang sebelum menyumbat pori-pori. Namun pastikan keringat di tubuh sudah setengah kering baru kamu boleh mandi.

Hindari Pakaian Terlalu Ketat

Coba pilih baju yang lebih longgar untuk ke kampus atau ke kantor. Berlaku juga untuk ukuran bra, pilih satu ukuran lebih besar ya, Cantik. Karena pakaian yang terlalu sempit dapat menyebabkan gesekan pada kulit yang bisa memperburuk jerawat.

Scrub Gula dan Lemon

Buat adonan gula pasir halus dan air perasan lemon untuk dibuat scrub lembut. Oleskan perlahan pada kulit yang berjerawat, kandungan astrigent natural pada lemon akan membatu mengeringkan jerawat, membuka pori-pori dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Masker Oats

Campurkan oats dengan air hangat lalu aduk jadi satu hingga halus menjadi masker atau lulur untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan kotoran yang menumpuk di kulit berjerawat. Oats memiliki sifat antiradang yang membuat kulit terlindung dari iritasi.

Kunyit

Coba kamu lihat kunyit di dapur, jika ada kamu bisa memanfaatkannya sebagai obat alami yang mengandung antibakteri sehingga dengan mudah membunuh bakteri penyebab jerawat. Parut kunyit dan balurkan pada punggung, biarkan kurang lebih 15 menit, gosok perlahan dan bilas dengan air dingin.

Jangan Memencet Jerawat di Punggung

Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan meninggalkan bekas jerawat. Lebih baik bersihkan punggung menggunakan spons lembut dengan sabun antiseptik khusus yang mengandung belerang untuk mengeringkan jerawat.

 

IR / Foto: pexels