Hasna seneng banget bisa bincang-bincang sama dua perempuan cantik yang penampilannya selalu stylish dan hits, Hana Hamidah Said dan Haniah Hamidah Said. Yes, tebakan kamu benar Cantik, mereka ini adalah dua saudara kembar yang sama-sama suka fashion dan makeup dan saat ini bermukim di Yogyakarta. Hasna suka banget kepoin akun IG mereka yang kompak dan sering pakai baju kembar. Hasna penasaran ingin kenal mereka lebih dekat. Kamu juga kan? Biar lebih intimate, Hasna bakal membagi wawancara dengan Hana dan Haniah sendiri-sendiri, baru kemudian dengan keduanya.

Makin penasaran kan pengen tahu gimana pribadi si kembar ini, yuk disimak obrolan Hasna yang pertama dengan Hana.

Hai apa kabar Hana, tolong dong diceritain ke Hasna saat ini aktivitasnya apa aja?

Halo Hasna! Saat ini aku sedang berwirausaha merintis online shop produksi dan menjual baju renang. Kadang-kadang aku juga terima jasa makeup untuk wisuda, lumayan untuk ngembangin passion, skill, dan bantu teman-teman di luar sana yang pengen tampil cantik tapi kepentok di budget. Tapi aku baru saja lolos untuk CPNS, jadi ke depan aku akan sibuk di CPNS. Sebisa mungkin sih bisnis tetap jalan, karena aku juga suka berwirausaha, kalau akhir pekan ada waktu luang, nggak menutup kemungkinan aku masih terima jasa makeup.

Kalo lihat feed di IG kamu, ada beberapa postingan makeup dan beberapa lagi postingan fashion OOTD. Kamu lebih suka disebut sebagai beauty enthusiast atau fashion enthusiast?

Boleh nggak kalo dua-duanya hehehe, jadi fashion and beauty enthusiast. Karena jujur, sejak kecil aku sudah tertarik dengan dunia fashion, jadi sudah dari dulu suka memerhatikan pakaian, sepatu, dan tas. Dulu mulai jahit-jahit buat dress untuk Barbie, kadang bikin baju untuk aku sendiri pakai koran dengan desain aku. Sedangkan makeup mulai tertarik sejak SMA, walaupun sebenarnya sudah terbiasa dirias untuk lomba fashion show, marching band, jaga buku tamu dinikahan tetangga atau saudara, tapi baru akhir-akhir kuliah aku tertarik dengan makeup lebih dalam lagi.

Sejak kapan Hana tinggal di Yogyakarta? Dan bagaimana antusiasme dan ketertarikan para perempuan Yogya terhadap beauty and fashion enthusiast? Bisa diceritakan?

Aku di Yogyakarta sejak lahir, semua pendidikan mulai dari TK sampai S1 aku selesaikan di Yogyakarta. Aku lihat di Yogya ini sudah banyak perempuan-perempuan yang semakin ‘melek’ dalam berpakaian dan berdandan, mungkin ini pengaruh dari media sosial dan di Yogya juga sudah mulai banyak perempuan yang menjadi selebgram dan ini menjadi ‘kiblat’ untuk para perempuan lainnya di Yogya.

Kenapa Hana nggak membuat vlog tutorial beauty atau fashion?

Jujur sih karena belum punya alat yang memadai untuk membuat tutorial, dan belum punya skill untuk editing video, tapi kalau ada kesempatan, sebenarnya pengen banget mengembangkan passion ini biar lebih bermanfaat nggak hanya buat aku tapi untuk orang lain juga.

Siapa role model kamu dalam fashion dan beauty?

Untuk fashion, jujur aku nggak punya role model, karena aku merasa sudah memiliki ‘sense of fashion’. Jadi aku berpakaian bukan karena melihat orang lain, tapi karena aku merasa kalau pakai ini akan cantik, akan bagus, maka aku pakai. Untuk makeup aku sangat menyukai Pony (Korea), Em Ford, dan Tina Yong.

Referensi kamu dalam fashion biasanya terinspirasi dari mana?

Referensi aku untuk fashion bisa dari mana aja sih, dari buku, film, cuaca, dan yang jelas mood. Jadi nggak ada yang spesifik, karena apa aja bisa jadi referensi untuk aku.

Sebutkan satu beauty tool yang wajib ada dalam tas kamu? Alasannya?

Lipstik! Karena aku adalah orang yang selalu pakai foundation, dan kulitku cenderung normal-kering jadi kalo seharian keluar nggak terlalu khawatir untuk touch-up. Begitupun dengan makeup lainnya, yang nggak terlalu aku rasa penting untuk dibawa kayak masara, eyeliner, dan lainnya. Tapi untuk lipstick jangan sampe nggak bawa, karena lipstik sering cepet hilang setelah makan dan minum, jadi butuh untuk touch-up. Selain itu, lipstik bisa jadi penyelamat kalo blush-on dan eyeshadow mulai memudar.

Rencana dan goals apa yang akan kamu buat di 2019 ini?

Tahun ini untuk fashion dan beauty aku punya goals harus bisa bikin konten yang banyak tentang fashion dan beauty di media sosial. Explore lebih banyak lagi tentang beauty dan makeup.
Bisa memperdalam lagi belajar menjahit, biar nggak cuma menikmati baju jadi tapi juga bisa membuat baju. Di luar fashion dan beauty, masih banyak goals aku di tahun ini. Dan aku yakin tahun ini akan banyak tantangan baru, apalagi tahun ini aku lolos CPNS.

Setelah selesai berbincang dengan Hana, Hasna beralih wawancara dengan Haniah, saudara kembar Hana. Haniah banyak bercerita tentang keakrabannya bersama Hana.

Hai Haniah, salam kenal ya, saat ini sibuk aktivitas apa nih? Boleh diceritakan?

Hi! It’s an honored to be interviewed by Hasna, dan teman-teman Hasna can just simply call me Hani anyway. Kesibukan aku saat ini masih mengajar di salah satu kursus Bahasa Inggris terbesar di Indonesia. Hanya saja di profil IG, aku tulis “a part-time teacher, a full-time learner”. Statement itu sebenarnya lebih untuk reminder aku aja sih, bahwa proses belajar aku itu tidak berhenti hanya dengan menjadi seorang guru. Jadi, walaupun aku berprofesi guru, aku nggak akan dan nggak boleh berhenti belajar, cause learning is a lifelong process, kalo katanya Henry Ford “Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young.”

Dilihat dari postingan IG, Hani sudah punya baby kembar ya?

Hehehehe it’s really funny to get that question karena sudah beberapa orang bertanya hal yang sama. To be honest, aku masih single dan belum pernah menikah. Tapi di feed IG memang banyak foto-foto dengan bayi karena aku suka berinteraksi dengan mereka. I don’t say I’m good at interacting with babies, I just love it. Dan recently foto-foto bayi yang aku update di story/feed itu adalah anak-anak dari kedua kakak aku yang kebetulan melahirkan anak berurutan gitu and since Hana and I like to dress up similar, jadilah mereka kami dandanin kembar, bahkan rok tutu mereka Hana yang jahit.

Postingan IG kamu kan keren-keren banget fashion-nya, bisa dibilang kamu juga salah satu fashion enthusiast? Ceritain dong?

Boleh juga dibilang begitu. Aku tertarik fashion sejak kecil, seperti yang disebut Hana, kami suka bikin baju Barbie dulu, bikin dress dari koran dan punya banyak banget mainan fashion yang dari kertas karton tipis itu. I’m wondering masih ada nggak ya mainan kertas itu di sekolah-sekolah, hehehe.

Terpikir gak untuk membuat vlog tutorial fashion atau beauty?

Waaah that sounds great, tapi untuk ngevlog belum terlalu kepikiran sih, malah lebih pengennya sih bikin konten-konten foto aja di IG waktu twinning sama Hana karena aku follow salah satu selebgram dari Thailand dan dia itu kembar. And it’s always fun to see her posts.

Kamu suka gaya fashion seperti apa?

I can’t really tell it, tapi aku lebih nyaman berpenampilan feminine, walaupun di beberapa occasion nggak menutup kemungkinan juga aku dandan dengan sentuhan boyish. Tapi kalau di kantor, aku suka banget berpenampilan smart casual.

Siapa acuan kamu dalam fashion?

Nggak ada yang pasti sih, kadang aku liat selebriti pakai fashion item tertentu aku nilai bagus dan aku suka, aku kadang ikutin, selebihnya mix and match sendiri dan dibantu Hana. She will be my lifetime stylist.

Sebutkan satu beauty tool yang wajib ada dalam tas kamu? Alasannya?

Lipstik (sama kayak Hana). Karena entah kenapa nggak ada lipstik yang stay lama di bibir aku. Orang-orang bilang aku punya kebiasaan gigit-gigit atau mainan bibir, but I never realize it, sadarnya itu pokoknya lipstik nggak ada yang awet, jadi ke manapun harus bawa.

Rencana dan goals apa yang akan kamu buat i 2019 ini?

Goals tahun ini sebenarnya banyak banget sih, yang pertama adalah bikin aku sendiri settle di tempat kerja, bantu maintaining usaha yang dirintis Hana dan lebih banyak baca buku. Tahun ini ada target baca 12 buku, tapi baru selesai setengah buku karena sibuk, hehehe.

Untuk melihat kekompakan mereka berdua, Hasna bakal wawancara Hana dan Hani   berbarengan. Selidik punya selidik, si kembar ini juga sering berantem lho! Hmm…masa sih? Mau denger jawaban mereka, yuk lanjutin baca.

Hana dan Haniah kan suka pake baju kembar nih? Siapa diantara kalian yang jadi fashion stylist-nya?

Pasti Hana sih, hehehe, kadang Hani punya ide, tapi untuk eksekusi harus ditambah apa dan gimana Hana yang mutusin.

Selera kalian dalam fashion memang sama atau ‘maksa’ disama-samain, hehehe…? Coba diceritain?

Overall, bisa dibilang selera kami sama, cuma kalau mau dicari bedanya, bisa dibilang Hana suka ada sentuhan glam look gitu. Kekompakan ini sih yang akhirnya bikin kita bisa sering tampil kembar gitu lately.

Coba dong ceritain untuk Hasna sekompak apa kalian sebagai saudara kembar?

We love our perfect imperfections, hehehe John Legend banget ya. Tapi beneran deh, kami bisa dibilang kompak tapi nggak lepas dari bertengkar, adu pendapat, dan marah-marahan. Tapi tiap kali ada masalah, nggak nunggu lama-lama pasti nanti akur lagi sih. Kalau pas lagi pengen tampil kembaran, sering juga gagal karena salah satu lagi nggak pengen. Lebih dari itu, we always get each other’s back sih, jadi kita sering banget curhat dan diskusi masalah hal sepele sampe serius ke satu sama lain. When we get no one to trust, kami masih bisa saling percaya satu sama lain. Bahkan dulu waktu SD, zaman-zamannya pada musuhan karena kalah permainan, kami nggak pernah ngerasa dikucilkan karena kita masih bisa berdinamika sendiri.

Biasanya kalo berantem soal apa?

Dulu pas kecil bisa bertengkar karena rebutan oleh-oleh, kalau sekarang bisa tentang makanan karena Hani nggak suka berbagi makanan, bisa karena baju karena Hana lebih males nyuci baju, bisa karena salah paham pas ngobrol nadanya ketinggian or other little things

Pengen gak duet berdua sebagai beauty and fashion vlogger?

Pengen banget kalau ada kesempatan. Seru gitu kayaknya nge-vlog yang kontennya dari kita jalan-jalan pilih fashion item sampai ke proses dandan. That will be a great vlog we guess.

Gimana pendapat kalian berdua mengenai perkembangan beauty influencer saat ini?

Kami nggak bisa nyebutin secara data sih, but everyone just seems like a photo model now. Kayaknya tuh semua orang udah pada jago berpose gitu di depan kamera, karena banyak yang udah ‘melek’ fashion, banyak yang menginspirasi tapi banyak juga yang cuma followers, jadi ngikut aja sama yang lagi nge-tren.

Siapa Beauty Influencer favorit kalian berdua? Tolong sebut nama dan alasannya?

Untuk makeup kami berdua share same interest ke Pony (Korean Beauty Influencer) dan akhir-akhir ini kita suka ngikutin Agustine Gozali di Instagram karena kontennya bagus, sering bedah ingredients skincare. Kalau untuk fashion, kami bener-bener berdasarkan mau kami aja sih. We can say that we have sense of fashion, already, hehehe.

Makeup atau riasan apa yang menjadi favorit kalian? Dan paling sering diaplikasikan untuk diri sendiri? (Jawabnya masing-masing ya).

Hana: Aku suka glowing/dewy finish karena mukaku kering.

Hani: Kalo aku suka yang bener-bener matte finish karena jenis wajahku berminyak parah. Yang jelas kalau kita dandan, kita nggak mau semuanya serba mencolok. Jadi kalau lagi pakai lipstik merah ya riasan matanya minimalis, kalau riasan matanya yang ditonjolkan, biasanya kita pakai lipstik nude. Kami berdua suka banget natural look atau no-makeup look.

Menurut kalian, apa makna #BaikdanCantik untuk perempuan kekinian? (Baik dan Cantik adalah hastag dari Hasna.id)

Baik dan cantik itu adalah ketika kamu jadi diri kamu sendiri, bangga dengan apa yang kamu miliki dan bermanfaat untuk orang lain. Nggak perlu mengikuti standar masyarakat yang sering-sering malah bikin nggak percaya diri. Everyone has her own beauty, bahkan kembar aja nggak bisa dinilai sama persis apalagi definisi baik dan cantik untuk setiap perempuan yang berbeda. Thank you for having us, Hasna!

Wah, seru ya? Thank you Hana dan Hani, good luck! 🙂

 

IR / Foto: Instagram @hanahamidah @haniahhs