Kalau boleh Hasna tau, apa sih yang biasanya bikin tidurmu jadi nyenyak? Lampu redup, musik lembut atau wewangian aromaterapi? Sepertinya itu sudah terlalu biasa ya, Cantik. Kebayang nggak kalau sekarang Hasna minta kamu tidur dengan tanaman di kamar. Bingung, kan? Hasna bakal kasih tau 8 jenis tanaman alami yang bisa bikin kamu sehat, relaks dan tidur nyenyak. Apa aja ya?

Areca Palm

Menurut The Joy of Plants, tanaman the Areca Palm bahkan bisa membantu kamu yang sedang flu atau punya gangguan sinus ringan. Sebab, tanaman ini memiliki kemampuan untuk melepaskan kelembapan pada udara yang akan membuat kamu lebih mudah bernapas sampai akhirnya mengantuk.

Aloe Vera

Dalam penelitian yang dilakukan NASA, menyebut Aloe Vera sebagai salah satu tanaman terbaik untuk pemurnian udara, karena tanaman ini akan melepaskan oksigen sepanjang malam. Apalagi Aloe Vera juga mudah untuk dirawat. Bentuknya yang kecil dan imut bisa kamu taruh dipojok kamar atau di depan jendela. 

English Ivy

Sebuah studi yang dilakukan American College of Allergy, Asthma & Immunology menyebutkan bahwa tanaman English Ivy mampu menghilangkan 94% feses dan 78% jamur di udara hanya dalam 12 jam. Jadi, jika kamu menderita alergi debu,  tanaman ini sangat recommended untuk disimpan di kamar dan menemani tidurmu.

Gerbera

Tanaman Gerbera jago banget membersihkan udara di kamar sehingga kamu bisa bernafas dengan udara yang lebih bersih di malam hari. Selain itu, Gerbera juga bisa mencerahkan suasana kamarmu lho, Cantik. Percaya nggak?

Jasmine

Jasmine tidak hanya membuat kamarmu harum, bahkan seorang psikolog di Wheeling Jesuit University telah menemukan bahwa orang yang menghirup aroma Jasmine di malam hari akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibanding yang tidak mencium aroma bunga ini. Letakkan bunga Jasmine di samping meja tempat tidurmu ya, Cantik.

Lavender

Bicara tentang aroma yang menenangkan, tidak ada yang lebih menenangkan daripada bunga Lavender, yang selama bertahun-tahun telah digunakan sebagai wewangian aromaterapi, demi mendapatkan relaksasi beristirahat dan membantu tidur lebih lelap.

Mother-in-Law’s Tongue (Lidah Ibu Mertua)

Namanya agak menyeramkan ya! Tapi sifat tanaman ini sangat baik untuk kesehatan kamu lho, Cantik. Bentuk daunnya yang mengilap tidak hanya mampu mengeluarkan oksigen di malam hari, tapi ia juga menyerap karbondioksida dan menyaring racun dalam udara kamar yang tidak sehat, seperti formaldehyde, trichlorethylene dan benzene.

Peace Lily

Jenis tanamani ini memiliki segala kebaikan all-in-one, yakni mampu memurnikan udara dengan menyerap racun serta meningkatkan kelembapan udara yang dapat membantu mengurangi alergi, masalah sinus dan melegakkan tenggorokan kering, sehingga akan membantu tidur malammu tanpa masalah sedikitpun. Sleep tight, Cantik!

IR / Foto: pixabay, wikimedia commons @mokkie @mnemo