Banyak orang sukses yang kerap berbincang dan berbagi rahasia tentang “Golden Hour” (Jam Emas) yang rutin mereka lakukan setiap hari. Hmm…kamu pasti bingung dan bertanya dalam hati, apa sih yang dimaksud ‘jam emas’? Dan, apa iya mereka bisa sukses hanya karena si ‘jam emas’ tersebut? Hasna kasih tau ya, Cantik. Jadi menurut beberapa orang sukses ‘jam emas’ itu merupakan jam pertama setelah mereka bangun tidur di pagi hari.

Bahkan menurut National Institutes of Health, ketika tertidur, otak sedang bekerja keras untuk ‘mendetoksifikasi’ diri mereka sendiri. Ini menandakan bahwa, keadaan otak berada dalam kondisi terbaik setelah bangun tidur. Karena dianggap ‘bersih’ dari aktivitas apapun. Beberapa orang sukses telah menemukan bahwa ‘Golden Hour’ adalah waktu terbaik untuk mempersiapkan diri secara mental, fisik, dan spiritual untuk memulai hari yang baru. Kalau kamu ingin sukses di hari ini, yuk ikutin 12 aktivitas ‘Golden Hour’ yang sudah dibuktikan orang-orang sukses sebelum mereka sarapan pagi. Coba aja kamu lakukan selama 21 hari berturut-turut, buktikan sendiri kesuksesanmu!

1. Bangun Lebih Awal

Sebagian besar orang sukses, punya kebiasaan bangun di pagi hari antara pukul 5 – 6 pagi (paling lambat). Lagipula, kamu yang muslim sebaiknya bangun sholat Subuh supaya lebih tenang menjalani hari. Kamu yang selalu bangun siang dan terlambat, gimana mau sukses?

2. Exercise

Lakukan latihan fisik apapun sebelum kamu sarapan pagi, supaya pikiran segar, dan fisik lebih ‘panas’ untuk melakukan aktivitas seharian.

3. Baca

Isilah otakmu dengan menyerap ilmu pengetahuan. Contohnya, materi tentang motivasi self-improvement, inspirasional, atau pendidikan selama 30-60 menit. Contoh, bisa buku hard copy atau soft copy, seperti The Science of Getting Rich karangan Wallace D. Wattles atau materi-materi pembuka wawasan lainnya.

4. Tulis 10-15 Tujuan Hidup

Ada ‘kekuatan’ luar biasa dalam menulis. Jadi, sebisa mungkin kamu harus meluangkan waktu untuk menulis tujuan dan target pencapaian yang kamu harapkan. Gunakan kalimat motivasi seperti: “Saya ingin menghasilkan uang banyak,” atau “Saya ingin beli rumah,” atau “Saya ingin presentasi dengan sukses.”

5. To-Do List

Sediakan buku kecil, lalu tulis setiap detail aktivitas yang akan kamu lakukan hari ini. Atur daftar sesuai dengan prioritas, dimulai dengan satu hal yang paling ingin kamu lakukan hari itu.

6. Jangan Tunda

Kalau kamu bisa menyelesaikan tugas di pagi hari saat pikiran masih segar, kamu akan lebih tenang dan jauh dari rasa khawatir dalam menjalani hari. Hal ini juga akan memberi efek yang luar biasa terhadap kesehatan fisik dan psikismu.

7. Menulis Hal-Hal yang Disyukuri

Mulailah dari yang sederhana hingga rencana yang akan kamu capai. Bahkan dibeberapa akun sosial media banyak yang sudah melakukan ‘challenge’ ini.

8. Merenung

Bukan berarti bengong atau berpikir hal yang bikin stres. Merenung tentang beberapa hal yang terjadi kemarin, seminggu yang lalu atau yang akan datang, sah-sah saja kok. Malah itu menjadi wajib bagi beberapa orang sukses. Bahkan, para orang sukses menyarankan untuk merenung tentang kegagalan atau kesalahan yang pernah terjadi, agar di kemudian hari tidak dilakukan lagi.

9. Luangkan Waktu Bersama Keluarga

Luangkan 15 menit berkualitas dengan keluarga atau orang-orang kesayanganmu. Kamu bisa berbincang bersama keluarga sambil minum teh atau kopi sambil berbagi canda di pagi hari.

10. Follow Up

Setelah bangun tidur dan minum segelas air putih, kamu bisa duduk santai di teras rumah sambil membalas pesan atau email klien yang belum dibalas. Juga mengecek pekerjaan di kantor dengan tim kamu. Otak akan bekerja lebih jermih di pagi hari dan membuat kamu lebih sigap saat membahas pekerjaan.

11. Membaca atau Menonton Berita Pagi

Lihat dan cari tahu berita terbaru apa yang muncul di hari itu agar kamu tetap update terhadap keadaan dan kondisi dunia dan sekitarmu. Kamu bisa browsing lewat ponsel atau langsung menontonnya di televisi. Luangkan waktu untuk aktivitas ini sekitar 15 menit.

Lakukan semua tadi secara rutin dan menjadi kebiasaan positif ya, Cantik. Ingat, semua usaha pasti akan ada hasilnya. Hasna yakin, kamu pasti sukses!

 

IR / Foto: pexels