Hai, Cantik. Buat kamu yang sedang atau gemar memakai kontak lens, kamu sudah tahu belum risiko-risikonya? Kali ini Hasna akan membahas risiko-risiko yang sering terjadi saat memakai kontak lens, nih. Yuk, disimak.

1. Penutupan Jalur Oksigen Menuju Mata

Kontak lens pada dasarnya dipasang pada bagian luar mata dan menutupi seluruh bagian kornea, sehingga jumlah oksigen yang masuk ke arah mata menjadi berkurang. Padahal, sangat penting bila mata yang sehat memiliki persediaan oksigen yang cukup.

2. Mata Kering

Kontak lens jika digunakan dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan mata kekurangan air mata. Air mata yang seharusnya untuk membasahi kornea diserap oleh kontak lens agar tetap basah. Akibatnya, mata bisa menjadi gatal, terasa terbakar, dan kemerahan. Parahnya, bisa mengakibatkan radang kornea.

3. Mengurangi Rekfleks Kornea

Refleks kornea merupakan sebuah mekanisme pelindung mata di mana otak memberi sinyal pada kelopak mata untuk menutup dan melindungi mata kamu setiap ada sesuatu yang bisa mengejutkan secara mendadak, seperti benda yang melayang ke arah kamu atau seseorang yang memanggil kamu. Saat mengenakan kontak lens, kamu memaksakan tubuh kamu sendiri untuk mengabaikan refleks kornea. Hal ini bisa menumpulkan respon mata terhadap refleks kornea, sehingga mata menjadi rusak jika kamu tidak dapat menutup mata dengan cukup cepat jika terjadi suatu bahaya.

4. Mata Merah (konjungtivitis)

Jika kamu mengenakan kontak lens dalam jangka waktu lama, konjungtivitis dan bintil berisiko tinggi akan terjadi, terutama saat malam hari. Akibatnya, akan terbentuk lingkungan subur yang menjadi lahan pembiakkan mikroorganisme, seperti virus dan bakteri.

5. Ptosis

Ptosis sendiri merupakan sebuah kondisi ketika kelopak mata mulai mengeluarkan air dan korban tidak dapat membuka mata sepenuhnya. Korban yang dimaksud bisa kamu yang tergila-gila mengenakan kontak lens dan kelopak mata seringkali tertarik saat hendak melepas lensa tersebut.

6. Ulkus Kornea

Hal ini dapat terjadi ketika ada sebuah luka terbuka yang disebabkan oleh jamur, bakteri, parasit, atau virus yang terbentuk pada kornea mata. Jika hal ini tidak diobati dengan cepat, bisa menyebabkan buta secara permanen. Dan bila ingin menyembuhkannya, transplansi kornea merupakan satu-satunya cara untuk mengembalikan penglihatan normalmu.

Nah, sekarang sudah tahu risiko-risikonya kan, Cantik? Eits, tapi Hasna tidak akan membiarkan kamu ketakutan dan tidak mau mengenakan kontak lens lagi. Kali ini Hasna akan membahas cara-cara untuk mengurangi risiko-risiko saat memakai kontak lens. Yuk, disimak lagi.

1. Ikuti Instruksi

Kontak lens sendiri memiliki jenis yang berbeda, sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda juga. Sangat disarankan untuk tetap mengikuti instruksi yang ada pada kemasan kontak lens kamu. Selain itu, ikuti juga instruksi dari dokter spesialis mata kamu, ya.

2. Jaga Kebersihan

Setiap sesudah penggunaan, segera bersihkan kontak lens dengan larutan khusus sesuai instruksi penggunaan maupun petunjuk dokter. Dan sebelum menyentuh kontak lens, pastikan kedua tanganmu sudah dicuci hingga bersih agar terbebas dari bakteri. Hindari pemakaian kontak lens saat mandi dan berenang, apalagi saat kontak lens sudah rusak.

3. Lepas Saat Tidur

Jika kamu memakai kontak lens saat tidur, bisa terjadi risiko munculnya keratitis (radang kornea). Pada tingkat tertentu, keratitis bisa mengakibatkan kebutaan.

4. Membersihkan Kontak Penyimpanan

Selain rutin mengganti larutan untuk kontak lens, kamu juga harus rutin membersihkan tempat penyimpanan kontak lens. Setiap hari setelah penggunaan, bilas tempat tersebut dan keringkan dengan membiarkannya terbuka. Setiap seminggu sekali, cuci bersih tempat tersebut dengan menggunakan larutan untuk kontak lens dan gosok secara perlahan. Setiap sebulan sekali, gantilah tempat tersebut dengan yang baru.

5. Rutin Mengecek

Rutinlah mengecek kontak lens yang kamu pakai pada matamu agar dokter spesialis mata terbantu untuk mendeteksi masalah yang disebabkan oleh kontak lens pada stadium awal. Jika hal ini dilakukan secara rutin, kamu tentu akan terhindar dari berbagai macam risiko yang akan terjadi ketika kamu memakai kontak lens dalam jangka waktu yang lama.

Bagaimana, Cantik? Sudah merasa yakin untuk tetap memakai kontak lens? Jangan sampai kelewatan cara-caranya, ya. Stay beautiful and smart, Cantik.

 

SLH / Foto: freepik