Sebuah event yang mewadahi kaum millennial dalam menyampaikan aspirasi, Indonesia Millennial Summit (IMS), baru saja terselanggara pada 19 Januari 2019 di Grand Ballroom, Hotel Kempinski, Jakarta. Event ini terlaksana sebagai wadah diskusi nyata bagi para millennials, di mana ide-ide tidak hanya didengarkan melainkan juga diimplementasikan.

Acara yang dibuka oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ini menghadirkan 50 sosok inspiratif dari berbagai bidang yang sudah membawa banyak perubahan di Indonesia, di antaranya: Ridwan Kamil, Najwa Sihab, Liliana Natsir, Sandiaga Uno, Rudiantara, Moeldoko, Ignasius Jonan Beverly Gunawan, Lukman Hakim, Grace Natalie, Maudy Ayunda, Manoj Punjabi, Giring Ganesha, Victor R Hartono, Anne Patricia Susanto, dan masih banyak lagi.

Selaku pihak penyelenggara, IDN Times merasa bangga akan antusiasme pengunjung yang hadir hingga melebihi target. Hal ini turut diungkapkan oleh Winston Utomo, Founder & CEO IDN Media, “Saya bersyukur Indonesia Millennial Summit mendapat apresiasi yang sangat baik dari Millennials di Indonesia. Dari target pengunjung kami 1500 orang, ternyata antusiasme teman-teman dengan acara ini melebihi ekspektasi kami. Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan mendukung acara ini. Semoga mimpi dan harapan besar kita untuk Indonesia yang lebih baik dapat terwujud di 2045 nanti”.

Hadir sebagai panelis di Garuda Stage dalam sesi Leveraging Fame for Social Good, artis Maudy Ayunda mengungkapkan kunci kesuksesannya dalam dunia entertainment dan dunia pendidikan. Bagi Si Cantik Maudy, kejujuran pada diri sendiri merupakan kunci utama dalam hidup. “Karena aku sering diajak ngobrol sama keluarga tentang masalah besar, aku jadi mengenal diri aku dan merasa harus jujur dalam mengambil keputusan. Itu kenapa akhirnya aku bisa tetap sekolah saat jadi artis.” ujar Maudy. Dalam sesi tersebut, Maudy ditemani oleh para panelis lain seperti Sutradara Angga Dwimas Sasongko, Walhi National Director Nur Hidayati, dan Musisi dan Aktivis Sandrayati Fay, serta host Jovial Da Lopez (selebgram).

Yang tak kalah seru adalah saat sesi bertema “From Critical Commentaries To Concrete Solutions berlangsung di Bhinneka Stage, yang dihadiri oleh para pembicara ternama, seperti: Journalist & Founder Narasi TV Najwa Shihab, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia Ignasius Jonan, dan Kepala Staf Kepresidenan Jendral Moeldoko. Diskusi berjalan sangat seru yang dihebohkan oleh tepukan dan suara sorakan pengunjung.

Kepada Millennial Najwa Sihab berpesan, “Baca apa saja. Membaca membuat kita memiliki kedalaman dan imajinasi, keluasan hati serta tidak mudah diprovokasi.”

Menutup sesi Indonesia Millennial Summit 2019 kali ini, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat yang mengisi tema “Smart City for a Better Quality Life” turut menyampaikan pesan untuk seluruh audience yang hadir, untuk terus berpikir positif dan turun langsung demi membuktikan hasil kerja nyata. Sebab, kaum millennial merupakan generasi penerus bangsa yang akan berkontribusi dalam mewujudkan kualitas kehidupan Indonesia di 2045 mendatang. 

Selain itu, IDN Media juga meluncurkan buku yang berjudul “Indonesia Millennial Report” yang berisi tentang laporan perilaku generasi millennial saat ini. Buku ini dibuat berdasarkan hasil IDN Research Institute yang bekerjasama dengan Alvara Research Center.

William Utomo, Co-Founder dan COO IDN Media menjelaskan, IDN Times tidak ingin hasil data yang ditemukannya tersebut hanya diakses oleh tim redaksi dan internal saja, namun harus bisa digunakan untuk hal-hal yang terkait dengan kemajuan bangsa Indonesia. “Semakin banyak orang yang melihat data ini, semakin bagus. Kita bisa bersama-sama mencapai tujuan memajukan Indonesia,” ungkap William.

IR / Foto: Surai-Hasna.ID & dok. IMS