Siapa bilang millennial duitnya habis karena sering nongkrong? Jangan salah, Hasna tahu kok kalau para millennial sepertimu yang sangat melek gadget, juga sudah sangat melek finansial. Millennial memang suka menghabiskan uang untuk membeli barang-barang branded dan juga tak segan untuk nongkrong di kafe dan ngopi tiap hari. Tapi millennial ini juga punya perencanaan matang agar tetap banyak duit dan tidak bokek di akhir bulan. Hasna sudah merangkum beberapa tips finansial dari para sesama millennial.

1. Cari Gaji Paling Besar

Para millennial tidak ragu lho untuk berpindah kerja demi mendapatkan pekerjaan terbaik alias yang menawarkan gaji terbesar. Mumpung masih muda dan sekalian cari pengalaman kan. Dengan mendapatkan gaji yang besar maka gaya hidup pun bisa terjamin.

2. Rajin Cari Ide dan Peluang

Uang dan ide-ide cara mendapatkannya bisa didapat dari mana saja. Millennial paling rajin cari peluang. Sambil nongkrong bertemu teman, tak jarang millennial saling membicarakan ide untuk membuat proyek baru yang bisa menghasilkan uang. Pengalaman-pengalaman yang pernah dilewati juga bisa menjadi sebuah peluang yang menarik asalkan kamu peka. Seperti yang dilakukan oleh Brian Chesky millennial pendiri Airbnb, pengalamannya menyewa apartemen membuatnya dapat ide untuk membuat Airbnb yang sukses membuatnya jadi miliuner.

3. Update Info Diskon dan Cash Back

Tak hanya mencari berita terbaru dunia atau gosip kalangan selebriti saat membuka sosial media, millennial juga selalu update info tentang diskon dan cash back di manapun. Dengan info tersebut mereka pun bisa mendapatkan barang-barang incaran dengan lebih murah, dan belanja pun jadi lebih terkontrol.

4. Punya Toko Online

Selain rajin belanja online, biasanya para millennial juga punya toko online. Ada yang memilih jadi reseller atau dropshipper dari toko lain. Ada pula yang suka iseng buka jasa titip sembari liburan. Ada juga yang memilih untuk berjualan barang-barang bekasnya yang tidak terpakai lagi. Good idea sih! Dan jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk promosi toko onlinemu ya. Itu juga merupakan salah satu tips dari Kylie Jenner yang pada tahun 2018 masuk daftar perempuan terkaya versi majalah Forbes di usianya yang baru 20 tahun. Kylie bilang bahwa ia tidak pernah membayar untuk promo produk kosmetiknya, ia hanya memanfaatkan sosial media miliknya.

5. Pakai Aplikasi Finansial

Memanfaatkan gadget semaksimal mungkin jadi motto para millennial. Hari gini catat keuangan di buku kas? Aduh udah nggak zaman! Buka gadgetmu dan download aplikasi-aplikasi keuangan yang bisa membantu untuk mencatat cashflow keuangan. Millennial rata-rata sudah menggunakannya. Misalnya aplikasi Wallet, Monefy, Money Lover, dan Expense Manager. Dengan aplikasi keuangan tersebut para millennial bisa tetap mengontrol keuangan mereka sehingga tetap aman.

6. Rajin Beramal

Millennial tahu bahwa orang yang benar-benar kaya adalah mereka yang suka memberi atau rajin beramal. Salah satu contoh millennial terkaya dunia yang rajin beramal adalah Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook. Itu adalah salah satu tips dari Mark selain menjalankan gaya hidup yang sederhana, seperti tidak membeli mobil mewah walaupun pastinya Mark sangat mampu. Mark dan istrinya juga telah mendirikan badan amal yang bernama Chan Zuckerberg Charity Foundation.

Dengan tips tadi, Hasna yakin kamu sesama millennial pasti bisa menjemput rezeki yang lebih baik di tahun 2019 ini. Semangat ya, Cantik!

 

LDK / Foto: Instagram @bchesky @kyliejenner @zuck / Foto header: pexels