Memasuki tahun 2019, banyak pakar kecantikan mengingatkan untuk lebih intens melakukan perawatan kulit secara alami di rumah. Salah satunya, pakai masker. Ini penting banget, Cantik! Karena masker bisa membuat kulit lelahmu menjadi segar dan kencang kembali. Apalagi kalau kamu pakai sebelum tidur, dijamin kulit wajahmu oke banget setelah bangun pagi keesokan hari.

Sekarang banyak banget masker dijual di pasaran, dengan berbagai bentuk dan jenis. Tapi harus hati-hati pilih masker, jangan sampai salah dan nggak sesuai jenis kulit. Hasna mau kasih info buat kamu yang mau maskeran tapi bingung mau coba masker apa. Baca ulasan Hasna ya, Cantik.

Masker Alami

Masker jenis ini sudah ada sejak lama. Sesuai namanya, masker ini sudah tentu berasal dari bahan-bahan alami, contohnya madu, beras, alpukat, atau kopi. Tak hanya itu, masih banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk masker wajah. Yang penting bahan alami yang digunakan wajib mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kulit. Cara pembuatannya juga dibuat secara alami dengan cara menumbuk atau mencampurkan berbagai macam bahan lalu dihaluskan. Setelah itu aplikasikan adonan bahan langsung ke wajahmu. Biarkan mengering 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Peel-off Mask

Jenis masker peel-off paling sesuai untuk jenis kulit kering. Peel-off mask biasanya berbentuk gel yang bisa berubah menjadi lapisan mirip karet tipis setelah dioleskan ke wajah. Peel-off mask bersifat mendinginkan dan melancarkan peredaran darah. Ada baiknya kamu mencuci wajah dengan air hangat sebelum menggunakan masker ini agar pori-pori terbuka dan siap menerima kandungan bahan masker. Tidak hanya mengangkat komedo, maupun kotoran, peel off mask juga efektif melembapkan kulit karena masker diaplikasikan secara menyeluruh dan didiamkan selama beberapa saat. Jika sudah kering, masker ini menjadi mudah dikelupas. Berbagai kandungan yang ada di dalamnya memberi manfaat pada wajah, seperti kandungan antioksidan dan berbagai vitamin yang menyerap pada kulit. Untuk kulit normal, berminyak, atau kering biasanya tidak memiliki masalah saat menggunakan masker ini. Tapi bagi kulit sensitif yang reaktif, sebaiknya cek lebih dahulu seberapa sensitif kulitmu agar tidak terjadi iritasi dan mengelupas.

Masker Tanah Liat (Clay Mask)

Jenis masker ini dibuat menggunakan campuran tanah liat alami yang mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori bagian dalam (deep cleansing). Clay mask cocok digunakan bagi jenis kulit normal berminyak yang rentan berjerawat, khususnya untuk kamu yang ingin menyerap minyak berlebih tanpa menjadikan kulit kering.

Saat memakai masker tanah liat ini, usahakan jangan sampai kering total agar terhindar dari iritasi dan dehidrasi pada kulit. Saat masker mulai mengering dan retak, segera basuh wajah dengan air hangat hingga bersih.

Sheet Mask

Sheet mask pertama kali dikenal dari Korea Selatan. Bentuknya berupa lembaran kertas yang mudah untuk dipakai karena sudah dirancang sesuai posisi wajah. Sekarang banyak banget yang berbentuk lucu-lucu, misalnya berbentuk binatang. Jangan remehkan bentuknya yang berupa lembaran dan lucu, karena di dalamnya terdapat banyak kandungan nutrisi yang tersimpan. Masker lembaran ini teksturnya basah karena direndam dalam essence yang mengandung berbagai macam manfaatnya. Lembaran masker bisa berupa soft plastic atau gel yang terbuat dari serat kayu khusus yang telah teruji secara dermatologis.

Masker Termal

Salah satu ciri dari masker termal adalah adanya rasa hangat yang meningkat secara bertahap setelah menempel di wajah. Fungsinya untuk membuka pori-pori, mendetoksifikasi wajah hingga bersih, dan mendorong kulit untuk ‘bernapas’. Masker ini cocok dipakai untuk kamu yang punya pori-pori besar. Cara memakainya sama kok. Oleskan masker ke seluruh wajah, tunggu hingga kering. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

IR/Ilustrasi: Cije-Hasna.ID