Anjuran untuk minum air putih 2 liter sehari atau 8- 9 gelas sehari sudah sering banget kita dengar, tapi cara aplikasi ke kehidupan sehari- harinya yang susah. Entah kenapa minuman lain seperti teh, kopi, atau es campur selalu lebih menggoda daripada air putih, jadinya bikin malas minum air putih deh. Kadang kesibukan pekerjaan yang luar biasa juga bisa tuh bikin lupa untuk minum air putih.

Faktanya, orang dewasa mengeluarkan urin 1.5 liter per hari, dan juga kehilangan sekitar 4 gelas air putih setiap harinya melalui pernafasan, keringat, dan pergerakan usus. Oleh karena itu cairan yang hilang tersebut harus digantikan dengan cara minum air putih. Karena jika kekurangan air putih akan timbul berbagai masalah pada tubuh contohnya dehidrasi kulit, kelelahan, penyakit ginjal, sembelit, bahkan berat badan naik. Serem kan Cantik?

Nah agar kamu lebih sering minum air putih dan lebih mudah mengingatnya, Hasna membuat jam khusus untukmu yaitu “Jam Minum Air Putih”.

  • Minum 1 gelas setelah bangun tidur.
  • Minum 1 gelas sebelum mandi pagi.
  • Minum 1 gelas setengah jam sebelum makan dan 1 gelas setelah makan
  • Minum 1 gelas di sela kesibukan aktivitas atau pekerjaan kamu
  • Minum 1 gelas sebelum tidur
  • Minum lebih banyak sebelum dan sesudah berolahraga, untuk menggantikan cairan yang hilang dari tubuh karena olahraga. Air putih juga bisa menutrisi otot-otot tubuh.
  • Minum lebih banyak saat sedang sakit, karena air putih dapat membantu memperbaiki kondisi kesehatan tubuh dengan lebih cepat.

FYI, kini sudah ada lho aplikasi di handphone untuk mengingatkanmu minum air putih secara teratur. Antara lain, Drink Water Reminder, Drip, dan Waterminder. Kamu bisa mengatur reminder atau alarm yang akan mengingatkanmu untuk minum dan juga bisa mendeteksi sudah berapa banyak yang kamu minum. Seru ya!

 

LDK / Ilustrasi: Cije-Hasna.ID