Sudah 2019, saatnya penampilan kian prima dan eksis. Ada 3 hal ‘gengges’ yang bikin penampilan kamu terganggu dan bahkan runyam. Apa saja ya, Cantik? Baca di bawah ini dan jangan diulang lagi ya.

1. Lipstik Belepotan

Mungkin kalau karena makan terus lipstik sedikit belepotan masih bisa dimaklumi. Tapi ini nggak, mulai dari lipstik selalu kena gigi, lipstik yang belepotan, sampai lipstik yang menempel ke pipi orang ketika kamu cepika cepiki. Sudah jangan sedih, bisa jadi struktur bibir dan gigi kamu yang bikin lipstik nempel di gigi kamu, atau bisa jadi kamu belum tahu cara ampuh bikin lipstick kamu ‘stay’. Ikuti saran Hasna berikut ini:

  • Pakai lipliner. Gambar sesuai bibir kamu. Saran Hasna, kalau kamu belum jago makeup, gak usah gampar lipstik yang lebih besar dari ukuran bibirmu. Alih-alih terlihat seksi, justru akan terlihat berantakan.
  • Isi bibirmu dengan lipliner, ini selain bikin lipstik berwarna dan lebih tahan, juga lebih nempel di bibirmu.
  • Pulaskan lipstikmu dengan kuas, jadi formula dan warnanya merata.
  • Masukkan jari telunjukmu ke bibir dan kantumkan bibir, lalu Tarik jarimu yang terkena sisa lipstik.
  • Cek lipstikmu di cermin sekali lagi.

Jika hal di atas tetap gagal, coba kamu pakai lipstik yang matte saja dan yang memang diformulasikan untuk menempel di bibir ya, Cantik.

2. Bentuk Alis Gak Sesuai Wajah

Hasna pernah posting bentuk alis sesuai bentuk wajahmu, coba kamu cek lagi deh. Selain itu, lebih baik gambar alismu terlihat terlalu tipis dibanding terlalu tebal, nanti jadi kayak Shin-chan. Jangan buru-buru berkeputusan untuk sulam alis apalagi tato. Yang terbaik adalah tetap yang natural. Berikut cara merapikan alis agar terlihat natural:

  • Tentukan bentuk lekungannya.
  • Pilih pensil alis berwarna cokelat tua daripada hitam.
  • Bentuk bingkainya dulu sesuai bentuk wajah.
  • Isi alis berlahan seakan-akan membentuk bulu alis satu persatu ke arah atas. Untuk kamu yang tidak yakin, mending beli pensil alis yang sudah ada sikatnya sekaligus.
  • Untuk pangkal alis yang alami, gunakan foundation dan kuas makeup dengan gerakan memutar untuk menyapukannya.
  • Gunakan sisir rambut alis untuk merapikan seluruh bentuk alis.
  • Supaya lekuk sempurna, rapikan atas dan bawah dengan concealer cair atau cream. Gunakan kuas kecil yang pipih ya.

Tadaa! Mestinya alismu sekarang terlihat natural.

3. Bulu Di Mana-Mana

Di tahun 2019 gak ada ya bulu ketiak perempuan cantik seperti kamu bisa ditiup angin! (euh!). Di masa modern ini, perempuan dituntut untuk bersih dan terawat, termasuk merawat bulu-bulu yang bukan juga untuk alasan higienis tapi juga estetika. Alasan higienis karena keringat dan segala bakteri bisa menempel di bulu-bulu ketiak yang tak terawatt, misalnya. Sedangkan untuk estetika jelas sekali, kamu gak mau pandangan orang terfokus di kakimu kan, bukan di wajahmu.  Selain itu, walau tak terlihat, yang tak kalah penting adalah merapikan bulu-bulu di sekitar daerah kewanitaanmu atau vaginamu. Penting!

Kamu masih bingung, mesti cukur atau trim, atau waxing? Ini Hasna kasih kelebihan dan kekurangan masing-masing agar kamu bisa memutuskan.

WAXING vs. CUKUR
WAXING CUKUR
Di Mana?
Waxing jarang dilakukan sendiri (ribet) karena butuh berbagai alat, harus ke profesional. Bisa dilakukan di rumah. Yang dibutuhkan cukur rambut dan shaving gel/cream.
Kapan Tumbuhnya?
Waxing narik rambut sampai akarnya, jadi lumayan lama 3-4 minggu baru tumbuh lagi. Karena cuma dipermukaan, 1-10 hari rambut akan tumbuh lagi.
Rambut yang Tumbuh Seperti Apa?
Rambut yang tumbuh lebih halus karena rambut asal tercabut dari akar. Rambut yang tumbuh sama saja.
Kadar Sakitnya?
Terus terang sakit, apalagi ditariknya rambut ke arah yang berlawanan. Jika kamu tipe gak tahan sakit, bisa nangis hingga pipis. Gak sakit sama sekali selama berhati-hati, tetapi berisiko luka teriris pisau cukur bila tidak berhati-hati.
Sensitif Mana?
Waxing lebih sensitif. Misal ada yang tidak tahan sama strip wax-nya, atau cairan wax-nya, dari gatal hingga kulit merah. Yang benar ke arah horizontal ya jangan vertikal. Jika dilakukan benar, kulit tidak akan perih atau berdarah.
Higienis Mana?
Waxing harus dilakukan di tempat  yang terpecaya. Yang melakukan wax harus mengenakan sarung tangan plastik biar higienis. Situasi tempat tidur dan segala perlengkapan tempat waxing di luar kontrolmu. Jangan berbagi alat cukur. Jika silet di alat cukur sudah kotor atau karatan, segera ganti kalau tidak mau terkena infeksi. Bersihkan dan keringkan sesudah memakainya. Tapi setidaknya kamu bisa mengontrol situasi ini.

FB / Ilustrasi: Cije-Hasna.ID