Kenapa? Jalan kaki merupakan satu olahraga termudah dan termurah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Mungkin kamu sering melihat di film luar negeri atau pernah merasakan sendiri sedang berlibur di luar negeri, banyak sekali orang yang memilih untuk berjalan kaki kemana- mana. Menurut penelitian Stanford University pada tahun 2017, rata- rata penduduk dunia berjalan 4.961 langkah perhari. Sayangnya orang Indonesia masih termasuk yang malas jalan kaki, rata- rata hanya 3.513 langkah perhari. Padahal jalan kaki punya banyak sekali manfaat lho, ini dia di antaranya:

  1. Jalan kaki bisa menyehatkan jantung. Ketika sedang jalan kaki kamu menggerakkan seluruh bagian tubuhmu, yang membuat sirkulasi darah mengalir deras dan jantung bekerja dengan lebih cepat. Jika rutin dilakukan, kegiatan jalan kaki ini bisa melatih jantungmu dan membuatnya lebih sehat.
  2. Bisa membakar lemak. Jalan kaki juga bisa membakar lemak dan kalori, seperti olahraga pada umumnya. Berjalan kaki setiap hari secara rutin bahkan bisa menurunkan berat badan hingga 2.3 kg per tahun.
  3. Mengurangi risiko nyeri sendi. Saat kamu rutin berjalan kaki, otot dan persendian juga sudah terlatih dan lebih lemas, sehingga bisa mengurangi risiko nyeri sendi. Jadi kamu yang merasa tubuhnya kaku- kaku, coba deh rutinkan jalan kaki.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh. Jalan kaki apalagi sambil menikmati pemandangan dan udara yang segar akan membuat tubuh menjadi lebih relaks. Hal ini membuat jalan kaki menjadi pereda stres alami dan juga memperkuat sistem imun, sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.
  5. Mambuat panjang umur. Dengan semua manfaat yang sudah Hasna sebutkan di atas, masuk akal kan kalau jalan kaki membuat panjang umur?

 

Ayo Cantik, jangan malas untuk jalan kaki ya, bisa kamu mulai dengan tiap pagi keliling komplek, atau pergi ke supermarket terdekat tanpa menggunakan kendaraan. Semangat! Demi tubuh yang lebih sehat.

 

LDK / Foto: Pexels