Apa itu Serum Wajah?

Serum wajah adalah gel berwarna jernih, bertekstur ringan, dan bebas minyak. Sebotol serum mengandung sejumlah bahan aktif, termasuk vitamin hingga antioksidan, yang bertujuan menembus bagian kulit terdalam lebih cepat, mudah, dan merata dibanding pelembap wajah biasa.

Serum difokuskan untuk permasalahan kulit yang lebih spesifik, seperti regenerasi kulit, mencerahkan, melawan keriput, jerawat, noda hitam dan hiperpigmentasi, warna kulit tidak merata serta menangani masalah kulit membandel lainnya.

Apa Bedanya Serum dengan Pelembap?

Kamu mungkin sudah tahu bahwa serum memiliki ukuran lebih kecil dari pelembap wajah biasa. Dalam sebotol kecil serum, struktur molekul dan persentase bahan aktif yang terkandung lebih kaya dan sangat terkonsentrasi daripada kandungan bahan aktif dalam pelembap. Makanya, harga sebotol kecil serum tergolong lebih mahal bila dibanding pelembap.

Perbedaan terbesar antara serum dan pelembab adalah formulasi yang berbeda di antara keduanya. Serum wajah tidak mengandung bahan-bahan pelembap oklusif, seperti petrolatum atau mineral oil yang melindungi air dari penguapan. Sebotol serum juga mengandung lebih sedikit pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian.

Kebanyakan produk serum wajah berbahan dasar air, menghilangkan semua unsur minyak yang dapat menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

Perlu Nggak Sih Pakai Serum Wajah?

Serum dan pelembap wajah membantu kulit dalam cara yang berbeda. Terkadang, kebanyakan orang hanya menggunakan serum saja untuk menutrisi kulit. Sementara yang lain,  membutuhkan pertolongan serum serta pelembap.

Kalau kamu memiliki masalah kulit serius yang ingin diperbaiki, seperti noda hitam akibat penuaan dini, atau keriput dan garis halus, menambahkan serum pada ritual kecantikan harian dapat membantu meningkatkan penampilan kulit. Selain itu, jika kulit kamu sangat berminyak, serum dapat memberikan kelembapan tanpa harus menggunakan pelembab lagi. Tetapi, jika kulit kamu terasa cocok hanya dengan pelembap biasa, tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan serum.

Foto: Instagram @haneenodeh

Foto: Instagram @fadhlynalee_bougas

Foto: Instagram @bartabacmode

IR / Foto: Instagram @haneenodeh @fadhlynalee_bougas @bartabacmode