Hai Kak Adit salam kenal. Aku punya masalah asam lambung yang sangat mengganggu, gimana ya Kak cara mengatasinya biar nggak sering kambuh? Terimakasih.
Sarah, wiraswasta, 24 tahun.

Perut kembung ini dapat menimbulkan gejala berupa:
– Perut terasa penuh dan sesak.
– Sering bersendawa.
– Buang angin berlebihan.
– Perut terasa bergejolak.

Kondisi perut kembung ini dapat disebabkan oleh banyak hal, di antaranya seperti:
– Mengonsumsi makanan yang memproduksi banyak gas.
– Menelan udara, seperti sering berbicara saat makan.
– Sembelit.
– Merokok.
– Makan terlalu cepat.
– Mengalami gangguan pada sistem pencernaan.

Foto: freepik

Salah satu gangguan pencernaan yang dapat berkaitan dengan keadaan perut kembung adalah naiknya asam lambung, di mana kondisi ini umumnya dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang pedas atau makanan lain yang dapat memicu asam lambung. Selain itu, umumnya kondisi ini juga dapat diatasi dengan pemberian obat guna mengurangi produksi asam lambung dan mengurangi gejalanya yang mengganggu. Selain faktor tersebut, perlu diperhatikan pula beberapa makanan yang dapat menyebabkan kondisi peningkatan gas dalam saluran pencernaan, di antaranya adalah:
– Produk gandum.
– Bawang merah.
– Kacang-kacangan.
– Brokoli, kubis, sayur mayor.
– Produk susu (mengandung laktosa).
– Oatmeal.
– Beras merah.

Namun bila setelah menghindari makanan ini, keluhan masih tetap berlangsung dan tidak kunjung berkurang, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu kemungkinan lainnya yang dapat mendasari keluhan ini.

Kak Adit, mau tanya dong, gimana caranya menghilangkan jerawat di sekitar area punggung?
Tania, karyawan swasta, 30 tahun.

Hai Tania, ini solusi untuk permasalahan kamu ya. Untuk pencegahan, lakukan perawatan secara alami dan teratur untuk membersihkan bagian punggung menggunakan sabun saat mandi serta mengeringkannya dengan benar. Jika kamu sudah terlanjut memiliki jerawat terutama di bagian punggung, kamu dapat mencoba menghilangkannya dengan cara sebagai berikut:

  • Sabun Antibakteri
    Salah satu penyebab jerawat pada punggung adalah kebersihan kulit yang kurang terjaga. Seperti menggunakan baju yang sama dalam waktu yang lama, mandi kurang bersih dan masih banyak hal lainnya. Oleh karena itu, cara menghilangkan jerawat di punggung yang efektif adalah menggunakan sabun anti bakteri, sehingga jerawat lebih cepat hilang. Lakukan mandi dua kali sehari secara rutin.

Foto: freepik

  • Lakukan Scrub Punggung
    Scrub dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menutupi jerawat, sehingga jerawat jadi lebih cepat sembuh. Kamu bisa menggunakan scrub yang tidak terlalu kasar supaya kulit tidak iritasi. Setelah melakukan scrub jangan lupa untuk mengolesi punggung dengan menggunakan lotion.

Bahan lain yang dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat di punggung, antara lain tomat, putih telur, kulit jeruk dan masih banyak lainnya. Bahan-bahan tersebut akan membuat jerawat lebih cepat kering. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan punggung. Seperti mandi dua kali sehari, mandi menggunakan sabun antibakteri, ganti pakaian secara teratur dan masih banyak lainnya.

Kak Adit, saya punya problema alergi kulit yang mengganggu nih, gimana ya cara mengatasinya? Apakah itu berbahaya untuk kesehatan saya ke depannya?
Irawati, 20 tahun, pelajar.

Hai Irawati, jika kamu memiliki alergi kulit, cari tahu penyebabnya dulu, selain itu ada beberapa tips yang dapat meringankan risiko alergi kulit seperti di bawah ini:

  • Gunakan lotion calamine atau krim hidrokortison.
    Kedua jenis krim ini berfungsi untuk mengurangi gatal yang disebabkan alergi. Namun penggunaan obat-obatan seperti krim hidrokortison harus sesuai resep dokter.
  • Gunakan pakaian longgar dengan bahan lembut.
    Pakaian yang ketat dapat memperburuk ruam pada kulit. Karena itu, saat tubuh mengalami gatal-gatal pada alergi kulit, kenakanlah pakaian yang nyaman dan longgar.

Foto: pexels.com

  • Mandi dengan air dingin.
    Cara ini berguna untuk mengurangi ruam kulit atau bisa juga dengan cara mengompres air dingin. Setelah itu, keringkan kulit dengan handuk bersih kemudian gunakan pelembap. Hindari mandi atau berendam dengan air panas, karena dapat memperparah gejala alergi kulit.
  • Tes alergi.
    Untuk mengetahui seseorang memiliki alergi terhadap benda atau makanan tertentu, perlu dilakukan tes alergi. Tes ini dilakukan untuk memberikan paparan berbagai zat dalam jumlah tertentu untuk melihat reaksi tubuh.

Tes alergi kulit biasanya dilakukan jika penderita memiliki kondisi medis khusus seperti jika ada eksim. Kondisi lainnya adalah jika merasa gatal-gatal, bengkak, biduran atau dermatitis yang tidak kunjung membaik walau telah mendapat pengobatan. Selain itu, tes alergi juga bisa dilakukan jika kita memiliki riwayat alergi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu.

KAMU PUNYA KELUHAN KESEHATAN ATAU PERLU INFORMASI MEDIS?
EMAIL: [email protected]