Tentu saja banyak sekali yang terjadi di dunia setiap tahunnya, tahun 2018 yang sebentar lagi kita tinggalkan pun banyak sekali menghadirkan berita dan cerita. Kabar gembira, tragedi, musibah, cerita unik, hadir di sepanjang tahun. Dan dari semuanya itu Hasna telah rangkumkan untuk kamu, 5 berita dunia yang paling membuat shock dan memorable dari tahun 2018 lalu.

1. Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong un

Tepatnya pada 12 Juni 2018, Presiden Amerika Serikat dan pemimpin Korea Utara tersebut bertemu di Pulau Sentosa Singapura. Keduanya tampak akrab seperti kawan lama padahal beberapa bulan sebelumnya sempat saling hina dengan kata-kata “pikun” dan “manusia roket.” Pertemuan yang membicarakan tentang persoalan nuklir ini merupakan yang pertama bagi pemimpin dari kedua negara tersebut. Pertemuan Trump dan Kim Jong Un diapresiasi oleh hampir seluruh masyarakat dunia, dan termasuk yang paling memorable di tahun 2018.

Foto: Instagram @nbcnews

Foto: Instagram @nbcnews

2. Piala Dunia 2018

Momen lima tahunan FIFA World Cup 2018 telah ditunggu-tunggu oleh para pecinta sepak bola dunia. Perhelatan akbar dan bergengsi ini diselenggarakan di Rusia sebulan penuh, tepatnya dimulai tanggal 14 Juni 2018 sampai final pada tanggal 15 Juli 2018. Prancis menjadi juara piala dunia tahun ini setelah bertanding ciamik melawan Kroasia dengan skor terakhir 4-2. Antusiasme yang sangat besar ditunjukkan oleh masyarakat dunia, pasti Si Tampanmu salah satunya kan, Cantik.

Foto: Instagram @equipedefrance

3. 12 Remaja Terjebak Dalam Gua di Thailand

Untungnya ke-12 remaja yang tergabung dalam tim bola Wild Boars ini berhasil diselamatkan setelah 23 hari terperangkap. Para remaja dan pelatihnya ini memasuki Gua Tham Luang Nang Non di provinsi Chiang Rai dengan niat untuk menjelajahnya selama satu jam saja. Tapi ternyata datang hujan lebat yang membuat banjir di dalam gua dan menutup akses ke pintu masuk gua. Peristiwa ini menjadi sorotan dunia, tidak hanya tim Angkatan Laut Thailand yang datang untuk mengevakuasi mereka, namun datang pula tim penyelamat yang terdiri dari 13 penyelam dari berbagai negara. Aksi heroik para tim penyelamat dan kuatnya mental para remaja Thailand ini membuat salut dan haru netizen dunia. Para remaja ini dihadiahi nonton final Piala Dunia 2018 dan bahkan kabarnya peristiwa ini dijadikan film berjudul “The Cave, Nang Non” dan sudah dimulai syutingnya bulan November lalu. Wah Hasna nggak sabar nonton filmnya!

Foto: Instagram @phamhaduylinh

Foto: Instagram @phamhaduylinh

4. Kasus Jamal Khassogi

2 Oktober 2018 dunia dikejutkan oleh kabar pembunuhan kolumnis dan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khassogi. Pembunuhan Khassogi ini terjadi di konsulat Saudi di Istanbul, saat Khassogi akan mengurus dokumen pernikahannya dengan seorang wanita Turki bernama Hatice Cengiz. Cengiz yang menunggu calon suaminya di depan gedung konsulat selama empat jam akhirnya menghubungi kepolisian Turki dan melaporkan Khassogi yang tak kunjung kembali. Media Middle East Eye melaporkan pada tanggal 22 Oktober 2018 bahwa pasukan Firqat el-Nemr merupakan regu pembunuh Khassogi, regu ini telah dibentuk setahun yang lalu dan mempunyai misi terselubung untuk menghabisi para pembangkang Arab Saudi di dalam maupun luar negeri. Jamal Khassogi yang dikenal sebagai pengecam Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman menjadi salah satu wartawan yang dimasukkan dalam daftar “Person of The Year” di majalah Time 11 Desember 2018. Hingga saat tulisan ini dibuat kasus Khassogi belum juga selesai, gimana Cantik, kamu mengikuti perkembangan kasusnya juga nggak?

Foto: Instagram @time

5. Musibah di Indonesia

Akhir Desember ini duka menyelimuti Indonesia, tepatnya 22 Desember 2018 terjadi tsunami di Selat Sunda yang menerjang daerah Banten dan Lampung. Bencana alam ini memakan banyak korban termasuk beberapa selebriti Indonesia seperti grup komedian Jigo dan grup band Seventeen. Beredar video yang viral ketika air laut yang deras langsung merusak panggung saat Seventeen sedang beraksi. Dari keempat anggota Seventeen, hanya Riefian Fajarsyah (Ifan) sang vokalis yang selamat. Tidak hanya ditinggal oleh rekan-rekan bandnya, Ifan juga ditinggalkan selamanya oleh istri tercinta Dylan Sahara. Tsunami Selat Sunda ini kabarnya merupakan tsunami yang pertama kali terjadi tanpa ada gempa bumi dahsyat. Tsunami ini terjadi karena longsoran yang dipicu oleh erupsi Anak Gunung Krakatau. Di tahun 2018 ini beberapa musibah lain di Indonesia juga sempat menjadi sorotan dunia, seperti gempa bumi di Lombok yang terjadi pada bulan Juli, tsunami di Palu dan Donggala pada bulan September, dan kecelakaan Lion Air JT 610 di Perairan Karawang pada bulan Oktober. Hasna turut berduka untuk para korban dan keluarga yang ditinggalkan. Dan ikut berbelasungkawa atas musibah-musibah yang terjadi di Indonesia dan dunia.

Foto: IG @natgeoindonesia

Foto: IG @jakpostimages

Foto: IG @antarafotocom

Foto: IG @jakpostimages

Untuk mengakhiri tahun 2018 ini yuk sama-sama kita ucapkan syukur, paling tidak kita bisa melewati tahun ini di bawah lindunganNya. Dan ayo berdoa sebanyak-banyaknya untuk hidup kita, untuk Indonesia, dan untuk dunia agar semakin membaik di tahun depan. Selamat Tahun Baru 2019! Selalu menjadi pribadi yang #BaikdanCantik ya!

 

LDK / Foto Dok. Instagram @nbcnews @phamhaduylinh @equipedefrance @time @jakpostimages @natgeoindonesia