Kamu yang penggila Drakor alias Drama Korea, pasti udah nggak heran ya lihat wajah para aktrisnya yang cantik, kulitnya kinclong dan glowing banget. Pasti dalam hati kamu pernah berujar, “Duh kapan ya wajahku bisa kayak dia,” atau “Itu kulit apa kapas ya, lembut banget, cerah dan bersinar lagi.”

Siapa bilang kamu nggak bisa kayak mereka? Yuk deh, praktekkin 10 langkah perawatan kulit ala perempuan Korea yang Hasna kasih di bawah ini. Dijamin kulitmu bakal kinclong kayak porselen, asal kamu lakukan secara rutin ya, Cantik.

Langkah 1: Ambil Pembersih Minyak
Oleskan pembersih minyak dengan lembut, untuk kulit wajahmu yang cenderung kering. Setelah itu gunakan jari untuk membuat gerakan melingkar memijat wajah. Mayoritas perempuan Korea lebih suka menggunakan pembersih minyak dibanding pembersih sabun (facial foam) adalah karena pembersih minyak mampu menghilangkan makeup dan sisa-sisa minyak pada wajah tanpa menghilangkan kelembapan kulit. Selain itu, pijatan yang kamu lakukan pada wajah akan meningkatkan sirkulasi darah di sekitarnya. Ini berarti kamu tidak hanya akan membersihkan dan menambah kelembapan di wajah tapi juga membuat kulit lebih cerah.

Langkah 2: Maksimalkan dengan Pembersih Busa
Seorang ahli estetika dan kecantikan Korea mengatakan, memakai pembersih sabun (busa) tidak efektif menghilangkan kotoran hanya dengan sekali pemakaian. Menerapkan busa pembersih kedua kalipada kulit yang basah akan membantu menghilangkan sisa kotoran seperti debu dan keringat. Pembersih busa mengandung air yang akan meninggalkan kelembapan di kulit secara alami. Namun, wajah akan jauh lebih bersih bila kamu membersihkannya melalui dua cara, dengan pembersih minyak dan sabun pembersih. Karena, ini akan mempersiapkan kulit menerima nutrisi dari produk-produk skin care yang diberikan setelahnya.

Langkah 3: Lakukan Eksfoliasi
Pengelupasan kulit sangat penting dalam perawatan kulit ala Korea karena tidak hanya membersihkan pori-pori yang tersumbat, tetapi juga meluruhkan sel-sel kulit mati. Gunakan exfoliator alami yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Setelah bagian kulit mati mengelupas, akan timbul sel-sel kulit baru berwarna cerah. Meski langkah ini sangat penting, ahli kecantikan Korea menyarankan untuk tidak mengelupas wajah lebih dari dua kali sebulan karena dapat mengiritasi kulit. Mereka juga merekomendasikan untuk memfokuskan pengelupasan pada area komedo, seperti area T-zone.

Langkah 4: Segarkan Wajah dengan Toner
Meski kita sudah merasa maksimal membersihkan wajah dengan produk yang lembut, aman dan alami, namun bukan berarti tidak bisa membuat kulit rapuh. Oleh karena itu, para perempuan Korea rutin merehidrasi kulit dengan toner, yang akan membantu menghilangkan beberapa residu dari pembersih, dan mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Langkah 5: Mengaplikasikan Essence
Langkah ini sangat mirip dengan pemberian ampul atau serum yang akan Hasna bahas di langkah selanjutnya. Oleskan lalu tepuk-tepuk krim essence pada wajah dengan lembut menggunakan telapak tangan. Essence dapat mempercepat laju pergantian sel kulit sekaligus menghaluskan dan mencerahkannya.

Langkah 6: Perawatan Serum atau Ampul
Ampul atau serum hampir sama bentuknya seperti essence, namun teksturnya lebih pekat. Krim serum akan membantu mencerahkan kulit, memudarkan bintik-bintik coklat atau flek hitam, serta menghaluskan garis-garis halus. Namun, para perempuan Korea hanya memakai serum jika timbul pigmen, kerutan atau bintik-bintik cokelat.

Langkah 7: Masker Lembaran (Sheet Masker)
Temukan masker lembar yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu ya, Cantik. Jika kamu memiliki kulit yang rentan jerawat, pilih masker lembar yang mengandung ekstrak grapefruit. Jika kulitmu cenderung kering, carilah masker lembar yang mengandung kolagen dan Vitamin E yang akan membantu mencegah penuaan. Masker lembar ini tidak perlu dipakai setiap hari, cukup dua kali dalam seminggu. Masker sheet akan memaksa kulit menyerap nutrisi dan kelembapan lebih baik dibanding pemakaian krim atau serum.

Langkah 8: Jangan Abaikan Krim Mata
Beberapa jenis krim mata berfungsi untuk permasalahan mata yang berbeda pula. Ada krim mata yang khusus untuk lingkaran hitam di bawah mata dan beberapa lainnya untuk kerutan halus di bawah mata. Oleskan krim mata secara lembut menggunakan jari manis dengan gerakan mengetuk untuk menghindari tarikan dan gesekkan di kulit mata. Gerakan menarik dan menggosok area mata yang sensitif dapat memicu kerutan dini. Semakin banyak masalah mata yang kamu alami, semakin sering kamu harus menggunakan krim mata. Biar Si Tampan tak berkedip saat melihat keindahan matamu!

Langkah 9: Penting Banget Pakai Pelembap!
Menerapkan krim wajah atau pelembab sangat penting untuk mengunci semua perawatan dan nutrisi dari langkah sebelumnya. Oleskan krim wajah menggunakan kedua jari manis dan jari tengah dengan sapuan lembut untuk memastikan krim terserap sempurna di kulit.

Langkah 10: SPF atau Night Cream
Setelah kamu melakukan semua perawatan rutin di atas, kamu harus memastikan bahwa wajahmu tetap terhidrasi saat tidur. Inilah perlunya pemberian krim malam sebelum tidur. Sama halnya ketika terbangun di pagi hari, perempuan Korea tidak pernah lupa memakai pelembab mengandung SPF atau Sunscreen. Karena sinar UV dari matahari berbahaya bagi kulit, yang dapat menyebabkan penuaan dini, bintik-bintik hitam, dan banyak lagi. Inilah mengapa kebanyakan produk makeup Korea mengandung SPF 50.

IR / Foto: Instagram @yoona_lim