Buah mete buah kedondong, hola Pakde tanya dong.. Walaupun sempet berpantun sedikit tapi sebenarnya aku sedang sedih nih, sebagai anak tunggal aku jadi tempat curhat kedua orangtuaku yang sudah bercerai, kalo curhatnya yang happy-happy sih nggak papa yaa, tapi ini kedua orangtua aku saling ngejelekin satu sama lain. Apa yang harus aku lakukan ya Pakde? Aku udah lelah menanggapi mereka dengan netral. Makan mete di atas genteng, makasih ye Pakde ganteng!
Chika, 21 tahun, mahasiswi

Hahaha Chika, kita ketawa dulu deh, apalagi mbayangin ada yang makan mete di atas genteng. Chik, kebayang sih nggak nyamannya situasimu itu. So sorry ya.
Gini aja, pakai 2 strategi. Yang pertama, tunjukkan Chika mendengarkan mereka, mengangguk-angguklah hehehe, tapi kalau diminta komentar, Chika bilang saja “waduh Chika ga tau. Chika sayang semua. Chika dengerin aja ya…” Paling nggak dengan bilang seperti itu, mereka semakin paham Chika ga mau masuk dalam “konflik” mereka.
Strategi kedua, kalau Chika sudah ga tahan pas mereka lagi “curhat”, pegang tangan mereka, atau kalau perlu peluk, sambil bilang: cerita yang lain saja boleh ya.

Selamat malam Pakde.. salam sejahtera.. gimana ya Pakde menghadapi masalah yang komplek sekali. Dimana saya yang terlibat masalah ekonomi yang berat menurut saya. Saya juga belum bisa membahagiakan orangtua saya. Saya juga harus menjadi single parent untuk anak-anak saya. Di pekerjaan saya ada orang yang iri, selalu mencoba menjatuhkan saya… Bagaimana saya menghadapi masalah yang komplek ini ya Pakde?
Devie, 27 tahun, single parent.

Dev, fokus satu-satu pada apa yang penting. Coba bikin prioritas, 1 atau 2 hal yang terpenting saat ini untuk diupayakan, dan abaikan yang lain. Soal berjuangnya, saya setuju memang Devi ada di periode hidup dan kondisi yang mengharuskanmu untuk kuat. Latihan untuk mengabaikan yang nggak penting-penting yo Dev. Simplify your life, focus, and fight. Semangat Dev

Pakde.. Pakde.. Tanya dong! Aku punya masalah pelik nih, aku punya gebetan dan aku naksir banget sama dia dari kelas 1 SMA, btw sekarang aku udah kelas 3 SMA dan gebetan aku baru mulai deketin aku. Kebayang kan Pakde aku senengnya kayak apa, tapi sayangnya temen se-geng aku nggak ngerestuin karena katanya dia badboy, gimana ya biar aku nggak backstreet sama temen geng? Hmmm pusing aku tu..
Natalie, 16 tahun, pelajar.

Hi Nat, hadapi dengan santai. Bilang apa adanya sama teman gengmu, biar Natalie jalani dulu, dan bilang terimakasih buat perhatiannya. Kalau toh semisal ada masalah, Nat bahkan terbuka untuk kalau mereka mau bilang “I told you”, tapi paling nggak Nat sudah menjalankan keputusanmu dengan segala konsekuensinya. Oh ya, sebelumnya perjelas dulu yang “katanya-katanya” itu ya, dan apa yang dimaksud dengan badboy. 

KAMU GALAU, ADA PERMASALAHAN HIDUP ATAU PENGEN CURHAT? EMAIL: [email protected]