Rasanya hampir semua orang, terutama perempuan menginginkan ketiak yang terlihat putih, lembut, dan bebas dari bulu. Sebelum Hasna bahas lebih lanjut, kamu perlu tahu bahwa ada beberapa faktor penyebab ketiak tampak kasar dan terlihat gelap. Pertama, kulit ketiak memang memiliki ketebalan dan pigmentasi yang berbeda dari area kulit lainnya. Kedua, hormone turut berpengaruh dalam menentukan warna kulit ketiak. Faktor ketiga adalah genetik, dan yang keempat adalah penggunaan deodoran, khususnya yang berbentuk roll-on. Hindari deodoran yang mengandung zat merkuri dan alkohol, yang bisamembuat kulit iritasi dan menghitam. Kelima adalah kebiasaan mencabut dan mencukur bulu ketiak yang menyebabkan iritasi dan kulit ketiak menipis. Jika kamu ingin tahu cara merawat ketiak yang tepat, simak 8 ulasan Hasna di bawah ini yuk.

  1. Pentingnya Mandi

Kunci dari setiap perawatan kulit adalah wajib bersih dari kotoran dan keringat. Sama halnya dengan cara merawat ketiak, kamu harus lebih dulu membersihkannya dari segala kotoran dan bakteri keringat dengan rutin mandi dua kali sehari. Kemudian bersihkan ketiak di waktu mandi dengan cara, menggosok area ketiak terlebih dulu baru lanjut ke area lainnya. Hal ini dilakukan agar busa sabun berada lebih lama di area ketiak untuk menghilangkan aroma tak sedap. Dan, lebih bagus lagi kalau kamu menggosok area ketiak menggunakan shower puff dibanding hanya memakai tangan.

  1. Keringkan dengan Tepat

Setiap habis mandi, biasakan mengeringkan area ketiak dengan benar. Caranya adalah dengan menepuk-nepuk pelan ketiak menggunakan handuk yang lembut. Jangan gosok ketiak dengan kasar dan cepat, karena bisa merusak lapisan kulit luar ketiak.

  1. Kapur Sirih Pilihan Alami

Cara merawat ketiak paling ampuh selanjutnya adalah, menggunakan kapur sirih setiap habis mandi. Kapur sirih adalah zat yang dihasilkan dari endapan batu kapur yang sudah diproses secara khusus. Kamu bisa mendapatkan warna kulit ketiak lebih cerah bila rutin menggunakan kapur sirih. Caranya, campurkan kapur sirih dengan air dan perasan jeruk nipis atau lemon. Aduk campuran tersebut hingga rata, lalu oleskan pada ketiakmu. Diamkan hingga mengering, lalu lap atau bilas ketiak hingga bersih. Langkah ini dapat kamu lakukan setiap hari, asal jangan dilakukan jika kamu baru bercukur atau mencabut bulu ketiak, ya Cantik.

  1. Scrub

Scrub atau lulur merupakan cara paling tepat untuk mendapatkan kulit ketiak yang lembut dan lebih cerah. Setidaknya 2 minggu sekali, kamu perlu melakukan eksfoliasi kulit agar kotoran dan daki tidak menumpuk, khususnya di area lipatan kulit seperti ketiak. Kamu bisa lakukan scrub ketiak menggunakan batu apung atau shower puff.

  1. Pilih Pakaian Longgar

Kunci utama supaya ketiak jadi lebih sehat adalah, jangan gunakan pakaian ketat terutama di area lengan dan ketiak. Karena pakaian ketat akan membuat ketiakmu “tercekik”, sehingga tidak leluasa “bernapas”. Sebaiknya, gunakan pakaian yang longgar saja, ya Cantik.

  1. Mencukur? Boleh Kok

Sebaiknya gunakan alat cukur yang lembut dan lihat waktu terbaik untuk mencukur. Misalnya, dengan melakukannya setelah mandi, agar pori-pori kulit terbuka dan bulu ketiak jatuhnya lebih lunak. Perhatikan cara mencukur yang benar, mulai dari atas ke bawah lalu ke kanan dan ke kiri. Sebelum mencukur, gunakan shaving cream untuk mencegah ketiak iritasi.

  1. Waxing itu Penting!

Wax ketiak biasanya terbuat dari gula yang dipanaskan, sehingga tetap aman untuk kulit ketiak. Bahkan,biasanya produk wax mengandung bahan-bahan pencerah kulit seperti jeruk atau lemon, yang membuat kulit ketiak jadi lebih cerah. So, proses ini dinilai aman sebagai salah satu perawatan kulit ketiak.

  1. Antiperspirant Kurangi Keringat

Cara merawat ketiak yang terakhir adalah memakai deodoran. Pilih dedoran yang aman dan mengandung asam linolenat (minyak biji bunga matahari) yang dapat mencerahkan kulit ketiak. Selain itu, kandungan antiperspirant juga perlu kamu perhatikan. Zat ini terbuat dari garam aluminium yang dapat mengurangi produksi keringat. Jadi, kalau kamu menginginkan ketiak yang segar, bersih dan harum sepanjang hari, pastikan deodoranmu mengandung antiperspirant.

 

IR / Foto: pexels