Kadang kamu sudah tampil maksimal ke kampus atau kantor untuk buat Si Tampan melirikmu. Tapi ada situasi di luar kendali yang merusak dandanan atau tampilan kamu sehinga kamu harus urus segala. Jangan sampai misi pendekatan Si Tampan berantakan. Nah, Hasna ngerti banget nih. Coba kita bahas bersama, yuk.

Rambut Kena Asap dan Debu

Situasi: Sedang nunggu bus di pinggir jalan, eh rambut kena angin. Bukan cuma itu, ada sepeda motor lewat dan asap knalpotnya bau dan kotor. Belum lagi asap rokok. Ditambah keringat. Rambut yang sudah disampo pun jadi bau ‘matahari’.

Penanganan: Pake bedak tabur, entah bedak bayi atau bedak tabur makeup, kamu taruh berata di rambutmu, lalu sisir. Cara lain, semprot dengan dry shampoo. Cara lain lagi, semprot dengan minyak wangi

Maskara Belepotan

Situasi: Jengkel dapat nilai jelek, nangis eh maskara belepotan. Atau teman curhat sedih banget, sampai ikut terharu dan nangis. Padahal abis gitu masih ada kelas, dan ada gebetanmu Si Tampan. Pelajaran pertama jika ini terjadi, lihat maskaramu, Cantik, waterproof gak? Next time, beli yang waterproof ya biar gak mbleber.

Penanganan: Kalau kamu bawa micellar water, bagus banget tinggal hapus noda-noda maskara di bawah mata. Kalau sangat parah, bisa hapus semua saja. Lebih baik tanpa maskara daripada berantakan. Cara lain, pakai sabun cair di kamar mandi dan tisu, pelan-pelan coba hapus nodanya. Cairan lain yang bantu hapus noda adalah baby oil.

Tahu-Tahu Haid

Situasi: Dandan sih paripurna, tapi bencana yang satu ini tak diundang (ya iyalah). Ke kamar mandi, tahu-tahu ‘dapet’ alias mens alias haid. Mau gimana lagi? Padahal gak bawa pembalut, karena ‘tamu’ datang lebih awal.

Penanganan: Ambil kapas, jika ada, lalu balut dengan tisu toilet. Gunting plastik memanjang seperti bentuk celana dalam, kasih double tape, taruh di dasar celanamu dan di atasnya beri toilet paper dengan kapas. Kalau tidak ada, ya terpaksa deh toilet paper yang banyak. Makanya, lain kali simpan pembalut cadangan di tas kamu ya, Cantik.

Oops, Lupa Deodoran

Situasi: Saking buru-buru, kamu lupa pakai deodoran. Oh, no! Tinggal masalah waktu keringat akan membanjir di terik matahari dan bisa jadi hal yang memalukan.

Penanganan: Tenang ya, makin panik bisa makin keringatan. Cara termudah adalah (terpaksa) gunakan bedak taburmu merata di ketiak daripada gak ada yang menahan keringat. Gak ada bedak? Tenang, masih ada hand sanitizer (minta teman baikmu kalau kamu gak bawa juga).  Oleskan di telapak tangan, lalu ke ketiakmu dengan merata. Ini cukup ampuh!

Diajak Kencan Dadakan

Situasi: Tahu-tahu Si Tampan menghampirimu dan berkata, “Aku tahu-tahu malam ini lowong. Yuk, kita dinner bareng.” Jantungmu berdegup kencang, antara senang dan bingung, dadakan banget sih! Ini bukan ketegori bencana sih, tapi rezeki. Masalahnya, gimana caranya dandan maksimal padahal bencananya: kamu gak bawa peralatan makeup.

Penanganan: Daripada minjem teman (karena peralatan makeup itu pribadi banget dan juga untuk faktor kehigeniesan), kamu lihat deh di tas pasti ada lipstik kan? Lipstikmu bisa kamu oleskan di telunjukmu lalu ke matamu sebagai eyeshadow. Ratakan, jika ketebalan pakai bedak di atasnya lagi. Demikian juga ke pipimu sebagai blush on. Setidaknya kamu terlihat sedikit lebih merona! Kalau kamu bawa pensil alis, bisa dipakai untuk eyeliner juga. Lumayan deh, jadi tampil ‘beda’! Lain kali jangan lupa bawa pouch makeup-mu ya.

FB / Illustrasi: CJ-Hasna.ID