Pewarnaan rambut melalui pemakaian bahan kimia tidak hanya dapat menghilangkan kelembapan alami rambut, namun juga dapat berefek pada bahaya kesehatan jangka panjang. Jika kamu hobi gonta-ganti warna rambut dan suka bereksperimen, Hasna sarankan untuk mencoba pewarna rambut alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Beberapa bahan alami di bawah ini, bisa jadi sudah ada di rumahmu juga kan Cantik. Coba kamu cek ya…

Kopi
Salah satu cara termudah untuk mewarnai rambut secara alami adalah menggunakan kopi. Kamu bisa mencampur bubuk kopi memakai bahan dasar, leave on conditioner atau dengan jenis krim spa rambut biasa. Aduk dan campur hingga merata. Biarkan selama beberapa jam agar campurannya membentuk warna secara maksimal. Jika adonan dirasa terlalu kental, kamu bisa mencampurkan secangkir kopi hitam pekat untuk membuat krim sedikit lebih cair dan ringan. Lalu, aplikasikan memakai kuas di setiap lapisan rambut cantikmu.

Henna
Pasti kamu berpikir Henna identik dengan pewarnaan untuk menutup uban yang biasa dipakai para lansia? Eiitss, jangan salah kaprah dulu. Ternyata, Henna juga bisa digunakan untuk memberi warna gradasi cokelat kemerahan yang cocok banget sama selera anak milenial zaman now. Nggak ada salahnya dicoba, siapa tahu dengan tampilan rambut baru, Si Tampan jadi ngajakin kamu kencan.

Buah Bit
Kalau kamu lagi cari inspirasi warna rambut merah, kamu bisa bereksperimen dengan buat bit untuk cara yang alami. Campurkan jus buah bit dengan leave on conditioner atau kamu juga bisa mencampurnya dengan minyak kelapa lalu usapkan keseluruh lapisan helai rambut, kecuali akar dan kulit kepala. Biarkan selama 2-3 jam lalu bersihkan. Warna alami buah bit akan memberikan warna merah tua cenderung marun pada rambut. Jika ingin warna yang lebih terang, tambahkan jus wortel ke dalam ramuan tadi.

Kulit Walnut
Kamu bisa mendapatkan warna coklat tua untuk mewarnai rambut, dari bahan kulit kacang walnut. Caranya, cukup rebus potongan atau pecahan kulit walnut dalam air selama 30 menit, kemudian saring dan dinginkan. Setelah itu, kamu bisa menggunakan airnya untuk mengecat rambut menjadi warna coklat tua yang kekinian banget.

IR / Foto: pexels, pixabay