Hasna senang sekali memiliki kesempatan untuk bisa bertemu, berbincang dan bertatap muka langsung dengan Idil Ahmed, seorang penulis, motivator, penggemar sains, dan influencer media sosial yang mempunyai misi untuk meningkatkan kesadaran global. Bagi yang sudah follow Twitter dan IG @idillionaire mungkin tak asing lagi dengan media sosial Idil Ahmed yang memuat banyak pesan inspiratif dan membangkitkan semangat.

Idil adalah orang yang percaya pada kekuatan yang dimiliki setiap individu untuk bisa mengubah, menggeser, dan meningkatkan produktivitas hidup. Perempuan cantik ini telah menghabiskan empat tahun mempelajari ilmu Biologi Manusia di UCSD untuk memahami koneksi antara pikiran dan tubuh manusia. Ia juga telah menginvestasikan banyak waktu dan energi untuk memahami sifat manusia dan realitas ‘manusia’ serta memotivasi, menginspirasi, dan memberi harapan kepada individu dan organisasi di seluruh dunia.

Pertengahan tahun ini, Idil meluncurkan sebuah buku berjudul Manifest Now, yang berisi tentang bimbingan mental, fisik, dan spiritual dalam menciptakan kehidupan yang diinginkan. Idil juga memiliki Idillionaire, sebuah platform universal yang didedikasikan untuk orang-orang yang ingin berevolusi, memiliki jiwa yang sehat dalam mendukung kesadaran, kreativitas serta pertumbuhan dalam bisnis, seni, fashion, dan budaya. Berikut bincang-bincang Hasna bersama Idil Ahmed beberapa waktu lalu, di suatu sore yang cerah, dan sudah dikutip kedalam bahasa Indonesia.

Hai Idil, apa kabar? Menurut pendapat kamu, apa sih yang dimaksud dengan pemberdayaan perempuan?

Sangat penting ya. Karena perempuan masa kini, menurut saya, sudah harus tahu potensial yang dimilikinya. Dan jangan berpikir, bahwa perempuan tidak bisa menggapai impian dan cita-citanya. Suara mereka harus didengar, mereka juga punya keinginan. Zaman sudah berubah, dan menurut saya, sudah banyak lembaga atau instansi yang bisa mengakomodir kebutuhan dan impian para perempuan untuk maju dan sukses. Tidak hanya di Amerika Serikat, sekarang di Indonesia juga sudah banyak yang mendukung hal tersebut.

Perempuan sukses menurut kamu?

Perempuan yang bisa memberdayakan dirinya dan tahu apa yang diinginkan. Bila suatu saat ia memiliki keluarga, tapi tetap bisa mewujudkan impian atau kariernya. Dan semuanya tertata secara seimbang dalam hidupnya. Dalam arti, sambil mengejar mimpi dan cita-cita, perempuan juga tidak boleh melupakan kodratnya sebagai Ibu dan seorang istri, jika nanti ia menikah dan memiliki keluarga.

Lalu, bagaimana menjaga agar keduanya (antara cita-cita dan keluarga) bisa berjalan seimbang?

Itu tergantung dari bagaimana kamu bisa menata waktu dan bertanggung jawab atas semuanya. Saya rasa, semua perempuan bisa melakukannya. Karena perempuan memiliki kemampuan multitasking yang sangat hebat. Jadi tinggal bagaimana kamu menjalankannya dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

Idil, project apa yang akan kamu lakukan ke depannya dalam hal pekerjaan?

Dalam waktu dekat saya akan membuat aplikasi, karena saya meras sudah menginspirasi banyak orang dan saya ingin mereka bisa secara langsung mengakses dan lebih dekat lagi dengan dunia saya. Karena banyak yang bertanya kepada saya, bagaimana mereka bisa melihat tulisan saya, apa yang saya sampaikan. Namun mereka bukan pemakai sosial media. Untuk itu saya tergerak membuat aplikasi untuk menyampaikan segala pemikiran dan hal-hal inspiratif yang ingin saya bagi ke semua orang.

Umumnya perempuan identik dengan dunia kecantikan, lalu bagaimana kamu menjaga kecantikan kamu sehari-hari?

Inner beauty! Itulah yang terpenting bagi saya. Seorang perempuan tidak akan terlihat cantik dari luar, jika ia tidak merasa nyaman dan memiliki pikiran yang positif. Sebagus apapun pakaian, makeup atau sepatu yang dipakai, bila ia tidak memiliki inner beauty dan mental yang sehat, tidak akan terlihat cantik. Jangan memaksakan sesuatu yang tidak membuatmu nyaman, karena itu akan menutup kecantikanmu dari luar. Jadi tidak ada rahasia kecantikan apapun dari saya, kuncinya lakukanlah apapun yang membuat dirimu nyaman dan bahagia. Kecantikanmu akan terlihat dengan sendirinya.

Jadi, menurut opini kamu, apa sih makna dari perempuan yang baik dan cantik?

Perempuan yang percaya diri, yang nyaman dengan dirinya dan tahu apa yang dia inginkan.  Inner dan outer beauty-nya harus seimbang.

Tolong share kepada para pembaca Hasna dan seluruh perempuan di manapun berada, tips untuk bisa menjaga keseimbangan antara jiwa, tubuh, dan pikiran?

Hal inilah yang selalu saya suarakan terus-menerus. Yang paling penting adalah, beri waktu untuk dirimu sendiri untuk belajar dan tetap berkembang. Semua orang, khususnya perempuan, pasti perlu ‘me time’, apalagi ibu rumah tangga yang sibuk mengurus keluarga dan anak, sudah pasti memerlukannya. Me time adalah waktu di mana kamu bisa menyegarkan pikiran dan meremajakan diri secara mental dan spiritual. Dan efeknya pun akan positif untuk keluarga, anak-anak dan bisnis yang kamu jalankan.

Apa harapan kamu untuk kaum perempuan ke depannya?

Harapan saya, perempuan harus bisa mandiri, berdiri, dan menciptakan peluangnya sendiri, serta tidak takut berkompetisi dengan laki-laki atau perempuan lain. Karena saya percaya, setiap orang punya tempat dan jalannya masing-masing. Jadi tidak perlu takut untuk mencoba dan melangkah maju ke depan.

Apa yang biasanya kamu lakukan di waktu senggang?

Self-care, besides work. Saya sering menyempatkan waktu untuk pergi ke alam bebas. Saya sangat suka pantai, karena itu dapat me-refresh pikiran saya kembali. Dan yang pasti, saya suka membaca, karena itu yang membuat daya pikir saya menjadi luas dan tajam, sehingga bisa berbagi dan menginspirasi orang banyak. “You must discipline your mind to avoid focusing on the how, why, and when.”

IR / Foto: Surai-Hasna.ID, Instagram @idillionaire