Resonation 2018, Women Empowerment Conference telah diselenggarakan di Kota Kasablanka, pada 1 Desember 2018 lalu dengan menghadirkan para perempuan hebat yang sukses di bidangnya masing-masing, dan siap berbagi pengalaman hidupnya dalam meraih keberhasilan. Ada tujuh orang inspired empowering speakers yang berkontribusi dalam Resonation tahun ini, mereka adalah Idil Ahmed, Motivator dan penulis buku Manifest Now; Gretta Van Riel, Enterpreneurs sukses dari Australia; Jenny Jusuf, Senior Scriptwriter; Maya Hasan, Harpist, Composer & Sound Healer; Grace Natalie, Politikus; Eka Sari Lorena, pengusaha transportasi bus Lorena; serta Stefanie Kurniadi, pengusaha kuliner.

Acara dibuka dengan sharing session oleh Jenny Jusuf yang bercerita tentang kepedihan, serta proses jatuh-bangun yang pernah terjadi dalam hidupnya, hingga ia berhasil bangkit dalam keterpurukan. “Setelah semua kepahitan dan kegagalan yang terjadi dalam hidup, akhirnya saya bangkit dan berada di sini, from victim to a victor,” ujar Jenny yang disambut riuh tepuk tangan peserta. Setelah bercerita panjang, perempuan bertubuh langsing ini memandu para peserta untuk saling berpegangan tangan dan bertatapan tanpa mengucap sepatah kata. Beberapa di antara peserta ada yang terbawa suasana dan bertangis-tangisan. Mereka mengaku sangat lega setelah mengikuti healing therapy singkat dari Jenny Jusuf ini.

Kemudian, MC Ucita Pohan memanggil Ligwina Hananto (Wina) untuk memandu keynote speaker Gretta Van Riel, yang dengan antusias bercerita bagaimana ia membangun bisnisnya ‘from nothing to something’. Sambil sesekali ditimpali celotehan kocak dari Wina yang bertindak sebagai host saat sesi tanya-jawab berlangsung. Gretta adalah perempuan muda yang sukses membangun beberapa perusahaan Startups dalam kurun waktu 5 tahun. Skinnymetea, The Fifth Watches, DROP Bottle, dan Hey Influencer adalah beberapa perusahaan miliknya. Hanya di Resonation, Gretta membuka section khusus untuk Social Media Marketing Class.

Sosok perempuan inspiratif lainnya seperti Eka Sari Lorena, Stefanie Kurniadi, dan Grace Natalie, juga naik ke panggung untuk berbagi kisah inspirasi serta memotivasi para perempuan agar tidak mudah menyerah menghadapi kegagalan dan harus bangkit meraih cita-cita yang diinginkan. Sesi ini dipandu oleh Elvera Makki sebagai moderator.

Setelah Lunch Break sekitar 1,5 jam, acara dilanjutkan dengan Group Mentoring Season by Facilitators oleh 100 Lady Boss yang berperan sebagai mentor. Di antaranya adalah Fira Basuki, novelis dan Founder & CEO Hasna.Id; Marita Alisjahbana, Director & Country Risk Manager Citibank; Heera Vasandani, CEO of SKV Group; Zivanna Letisha, Puteri Indonesia 2008; Jenahara Nasution, Creative Director of JENAHARA, dan masih banyak lagi. Kelas mentoring berlangsung selama kurang lebih 2 jam, di mana para mentor membuat masing-masing grup untuk memberikan tips, solusi, dan motivasi kepada para peserta agar mampu meraih cita-cita dengan menciptakan peluang melalui jalannya sendiri.

Yang tak kalah menarik adalah, Session Class dari Inalum yang membahas tentang “Bagaimana fenomena kaum perempuan yang bekerja di industri yang didominasi laki-laki”. Di sesi ini terdapat empat orang pembicara seperti Fira Basuki, novelis, Founder & CEO Hasna.Id; Amyramadhani Sri Maradewi, QC Manager PT Antam, Tbk-UBPP Logam Mulia; Abrar Deanti, Spesialis Sistem PT Bukit Asam, Tbk Teknologi Informasi; dan Diana B. Rahmawati, New Business Development Manager PT Timah Tbk; serta dipandu oleh host cantik Kemala Fabrian. Diskusi berlangsung seru, karena setiap pembicara saling berbagi cerita dan pengalaman mengenai tantangan bekerja di lingkungan yang didominasi kaum pria. Sesi ditutup dengan kemeriahan foto bersama para peserta.

Pukul 17.15, Idil Ahmed dan Maya Hasan yang berkolaborasi lewat sesi Release, Renew and Manifest Now Healing and Renewing Session pun dimulai. Peserta terlihat memenuhi ruangan ballroom utama Kota Kasablanka untuk mengikuti sesi kelas ini.

Semoga para perempuan Indonesia dapat mengambil inspirasi positif sambil menutrisi pikiran serta jiwanya setelah mengikuti beragam sesi yang dihadirkan di Resonation tahun ini. Sampai jumpa tahun depan!

 

IR / Foto: Surai-Hasna.ID