Pasti kamu sudah sering mendengar tentang istilah superfood. Superfood adalah makanan yang mengandung nutrisi lengkap dibanding makanan jenis lain yang kandungan lemaknya lebih banyak serta dapat meningkatkan kolesterol.

Kelompok makanan super ini memiliki khasiat paling baik untuk kesehatan, misalnya untuk mendukung kerja sistem imun, menghentikan peradangan, meningkatkan energi dan stamina, serta dapat mencegah kanker.

Meskipun superfood sangat baik untuk kesehatan, tapi bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Pastikan kamu juga mengonsumsi jenis makanan lain dengan ukuran dan porsi yang sesuai kebutuhan tubuh. Berikut Hasna akan membahas jenis makanan apa saja yang masuk dalam kelompok the best superfood, yang dapat meningkatkan energi dan kesehatan tubuh:

1. Alpukat

Alpukat mengandung kadar serat yang tinggi, vitamin C, vitamin B6, serta folat. Jika kamu makan satu setengah buah alpukat yang mengandung 160 kalori, itu berarti setara dengan satu buah roti. Alpukat merupakan sumber makanan yang baik dari asam lemak Omega-3 yang disebut alpha-linolenic acid, untuk meningkatkan metabolisme kinerja jantung.

2. Gandum

Gandum merupakan superfood yang paling istimewa karena mengandung kadar serat tinggi, vitamin, protein, magnesium, dan mineral. Gandum juga dapat menurunkan kolesterol dan menstabilkan kadar gula darah.

3. Susu

Ternyata susu pun termasuk dalam kategori superfood untuk menjaga stamina tubuh, karena di dalamnya mengandung 9 nutrisi penting seperti kalsium, protein, vitamin D, B12 dan A. Susu penting untuk menjaga kekuatan tulang pada tubuh. Namun akan lebih baik jika kamu mengonsumsi susu rendah lemak atau tanpa lemak. Penelitian baru menunjukkan bahwa minum susu cokelat setelah latihan atau berolahraga dapat membantu memulihkan penyakit dan otot yang lelah.

4. Almond

Selain mengandung protein tinggi, kalsium, potassium, fosfor, dan vitamin E, almond juga mengandung zat magnesium yang akan membantu mengubah gula menjadi energi. Kadar magnesium yang rendah pada tubuh dapat menyebabkan kamu kehilangan energi, susah tidur, dan kram kaki. Sebagai tambahan, Vitamin E pada almond juga baik untuk kulit serta dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Sayuran

Sayuran seperti kembang kol, kubis, selada, kangkung, dan bayam mengandung senyawa yang dapat melindungi tubuh kamu dari berbagai macam penyakit kronis, termasuk kanker. Sayuran memiliki zat lutein (yang baik untuk kesehatan mata), antioksidan, Vitamin B, C, E, zat besi, serta mengandung folat yang dapat membantu memerangi masalah depresi.

6. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah tersumbatnya jaringan arteri. Selain itu, makanan yang terbukti mampu membuat rileks ini juga kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk memperkuat sistem imun. Manfaat lain dari cokelat hitam adalah mampu meningkatkan kolesterol baik, meningkatkan fungsi otak, melindungi kulit, dan mencegah kanker.

7. Buah Beri

Buah-buahan beri seperti blueberry, raspberry, dan blackberry terbukti mengandung antioksidan, Vitamin C dan E, folic acid, serta kaya akan serat. Buah beri juga mengandung phytonutrients, yakni senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

8. Buah Apel dan Tomat

Buah apel dan tomat mengandung banyak antioksidan, likopen, dan serat yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Tomat mengandung Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Jika kamu rutin mengonsumsi keduanya, dijamin stamina tubuhmu akan selalu stabil dan terjaga.

9. Yoghurt

Yoghurt kaya akan probiotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, kalsium, Vitamin B12 (yang baik untuk energi) dan protein.

10. Salmon

Ikan salmon mengandung kadar asam lemak Omega-3 yang tinggi, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. American Heart Association menganjurkan untuk mengonsumsikan salmon 2 kali dalam seminggu. Selain itu, salmon juga memiliki protein yang besar serta rendah kalori.

IR / Foto: pixabay, pexels