Siapa yang belum tahu manfaat Apple CiderVinegar (ACV) atau yang biasa disebut cuka apel, bagi kesehatan dan kecantikan? Ternyata banyak banget lho, Cantik! Ini dia di antaranya…

1. Obat Sakit Perut

Cuka apel membantu menyembuhkan perutmu yang melilit, karena mengandung antibiotik yang mampu mengatasi masalah perut. Caranya, campurkan satu sendok cuka apel ke dalam segelas air dan minum.

2. Bantu Gangguan Pencernaan

Kamu pasti sering menghadapi masalah ini: kalap kelaparan, terus makan segala sampai kekenyangan. Belum lagi habisin semua goreng-gorengan di atas meja. Untung Hasna kasih tahu cara mengatasinya, yaitu tambahkan satu sendok teh madu dan cuka apel ke dalam segelas air hangat. Minum setengah jam sebelum makan.

3. Teman Diet

Gawat, badan memelar? Tenang, cuka apel bisa jadi penyelamat agar baju pestamu tetap muat. Cuka apel bisa bantu penurunan berat badan, meningkatkan metabolisme, menekan nafsu makan dan menstabilkan kalori. Konsumsi cuka apel di pagi hari dengan segelas air hangat dan madu, dalam keadaan perut kosong.

4. Toner Alami

Cuka apel merupakan toner alami yang akan membantu menghilangkan bekas luka, jerawat dan noda hitam. Campurkan satu sendok teh cuka apel ke dalam setengah gelas air lalu rendam kapas di dalamnya. Setelah itu, oleskan campuran ini ke seluruh wajah kamu. Kamu bisa menyimpan sisanya campuran cuka apel semalaman. Kandungan asam malat dan laktat yang ditemukan dalam cuka apel dapat melembutkan, mengeksfoliasi kulit, mengurangi bintik-bintik merah, serta menyeimbangkan pH kulit.

5. Penghilang Kentombe

Cuka apel juga bisamenjadi ramuan terbaik untuk masalah ketombe dan rambut berkilau lho, Cantik. Bilas rambut dengan campuran cuka apel dan air setelah keramas.Diamkan selama setengah jam dan bilas. Voila! Rambutmu berkilau dan lembut.

6. Pemutih Gigi

Cuka apel dapat membantu memutihkan gigi, menghilangkan noda dan membunuh bakteri. Noda kuning, bau mulut semuanya bisa teratasi dengan mencampur cuka apel ke dalam air lalu berkumurlah dengan campuran ini, sebelum menyikat gigi di pagi hari.

7. Pelega Tenggorokan

Campurkan 1/4 cangkir cuka apel dengan 1/4 cangkir air hangat lalu berkumurlah setiap jam, maka tenggorokan rasanya jadi plong.

8. Penurun Kolesterol

Selain jaga makanan, coba deh mengonsumsi cuka apel secara rutin, agar tingkat kolesterol jahat turun hingga ke tingkat normal.

9. Pencegah Kram Kaki

Pernah gak terbangun pas tidur malam gara-gara kaki tiba-tiba kram? Cuka apel tinggi potassium yang sangat baik mencegahmu dari kram kaki di malam hari. Campur cuka dan madu ke dalam air hangat untuk merilekskan otot dan saraf kaki yang tegang.

10. Aftershave Si Tampan

Jangan simpan sendiri cuka apelnya, Cantik. Untuk Si Tampan, ini bisa sebagai pengganti aftershave terbaik, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif.

 

Widih, banyak banget ternyata ya manfaat si cuka apel. Ingat-ingat ya dan gunakan ramuan alami ini.

IR / Foto: pixabay