Bibir sama halnya seperti mata, merupakan bagian dari wajah yang menjadi centre point ketika sedang bertatapan dengan si lawan bicara. Nggak mau dong bibir kamu kelihatan pecah-pecah, kering, bersisik atau merah seperti panas dalam saat ditatap Si Tampan. Nah sebelum kejadian, mending kamu praktekkan tips merawat bibir ala Hasna yang dijamin maksimal hasilnya dan tanpa cela.

Lakukan eksfoliasi secara teratur
Sel kulit mati yang sudah tua dapat membuat bibir terasa kasar dan kering. Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan bibir secara teratur akan membuat kulit mati terkelupas, sehingga membantu pertumbuhan sel kulit baru yang lebih lembut. Gunakan exfoliator yang khusus diformulasikan untuk bibir! Atau, gunakan sikat gigi berbulu lembut untuk mengelupas bibir dengan cara gosokkan secara melingkar setelah menyikat gigi atau sebelum tidur. Jika ingin hasil yang memuaskan, buat racikan scrub bibir sendiri! Ambil beberapa sendok teh gula campurkan dengan madu atau minyak zaitun, oleskan pada bibir lalu gosok dengan lembut. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilasbibir dengan air hangat.

Pelembap bibir setiap hari
Jangan pernah satu hari pun kamu absen melembapkan bibir, bahkan jika kamu sedang di rumah. Ingatlah bahwa kulit bibir lebih tipis dibanding kulit wajah dan tubuh, ini berarti bibir membutuhkan nutrisi tambahan. Mengoleskan lipbalm di siang hari dan mengulangnya kembali sesering mungkin (minimal 2 kali sehari) dapat membantu bibir tetap terjaga kelembapannya. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan cara alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond, minyak bunga matahari, atau minyak jojoba yang efektif diserap kulit, mengandung antioksidan, dan dikemas dalam asam lemak esensial!

Beri perhatian khusus
Ketahuilah bahwa menggigit bibir atau menarik kulit kering dapat menyebabkan kerusakan. Apalagi kalau kamu punya kebiasaan menjilati bibir, yang dapat berefek mengeringkan karena air liur tidak menghidrasi! Menghindari kebiasaan buruk seperti ini dapat membawa perubahan besar dalam kesehatan bibirmu, lho Cantik.

Selain itu, perhatikan lipstik dan lip gloss yang mengandung wewangian atau bahan yang dapat mengiritasi kulit bibir. Tak kalah penting untuk memakai lip balm ber-SPF ketika kamu melangkah keluar untuk melindungi kulit bibir dari sinar UV. Last but not least, pilih asupan makanan yang baik dan bergizi agar bibir terhidrasi sepanjang hari.

 

IR / Foto: pixabay, pexels