Alexander Sriewijono adalah Pakde untuk urusan cintamu, kariermu, masalahmu, dan segala curhatanmu. Pakde Alexander seorang psikolog senior, pendiri Daily Meaning, People Development Consultant. Kamu mau tanya apa saja dan bahkan mengobrol dengan Pakde!

Pakde, gimana ya caranya supaya kita lebih bersyukur sama apa yang kita punya selama ini. Soalnya aku cenderung liat temen yang lebih dari aku, baik dari segi penampilan, karier, percintaan, dan lain-lain. Gimana sih biar kita gak iri dan justru lebih termotivasi buat jadi lebih baik lagi?
Nina, 20 tahun, mahasiswi.

Nin, kalau melihat memang jangan keseringan ke luar. Sesekali nengoknya ke dalam diri. Banyak yang pasti bisa disyukuri. Dan kalau toh ada yang kurang (dan memang sebagai manusia harusnya selalu ada ruang untuk menjadi lebih baik), ya tinggal diupayakan terus. Satu lagi, kalau lagi nggak kuat mental, jangan kebanyakan sosmed dulu, ntar banyakan kemrungsungnya. Coba digoogle, kemrungsung iku opo.

 

Pakde, baru-baru ini pacar aku meninggal. Aku rasanya sedih banget, kadang mikir bunuh diri nyusul dia. Gimana ya supaya aku bangkit dan gak sedih gini?
Alissa, 22 tahun, karyawati.

Alissa, di satu sisi Pakde mau bilang yang kuat ya, Nak. Tapi sesekali juga boleh kok kamu bilang lagi sedih banget. Perasaan kalau diabaikan dan dipendam juga nggak baik. Tinggal sekarang gimana caranya supaya murungnya tidak semakin dalam. Berada di sekitar teman yang bikin kamu nyaman itu penting, dan bukan berarti harus selalu curhat. Lakukan sesuatu yang bisa mengalihkan pikiranmu, itu juga bisa terus dicoba. Bersabar pada waktu dan berproses yo Alissa. Itu membuatmu lebih kuat. Peluk dari Pakde.

 

Aku ngerasa orangtuaku lebih sayang dan bangga sama saudara (adik/kakak), padahal aku ngerasa udah berusaha maksimal buat ngebahagiain dan bikin mereka bangga. Gimana ya supaya aku bisa lebih ngebanggain orang tuaku
Dinda, 17 tahun, pelajar.

Din, kadang-kadang kalau fokusnya buat orang lain, bisa jadi beban. Dinda harus happy sama diri sendiri dulu. Lakukan segala sesuatu yang menurutmu keren dan membuatmu happy. Apa yang menjadi reaksi orang lain nggak bisa kita kontrol Din. Tapi yang bisa kita jagain adalah hari-hari kita, mau terus dibikin keren atau rungsep. Yo wes, yang happy dan semangat yo nak.

 

Pakde, aku punya tetangga yang selalu sirik dan ngomongin aku. Tiap aku mau pergi keluar rumah mereka tiba tiba banting pintu. Setiap mereka lihat aku belanja sesuatu, mereka kayak balik pamer ke aku. Padahal aku sama sekali gak ada niat untuk pamer ke mereka. Gimana ya caranya nanggepin tetangga yang kayak gitu?
Poetry, 19 tahun, blogger.

Yo wes ben tho Poetry, lha wong itu pintu-pintunya mereka sama duit-duitnya mereka. Dari mana kita tahu mereka ngelirik kita kalau kita juga nggak ngelirik ke mereka? Jadi yang paling gampang ya ga usah ngelirik apa yang mereka lakukan. Kalau di sosmed tuh, ya di-unfollow dulu deh, dari pada jadi gerah sendiri. Lagian kan mereka cuma tetanggamu, bukan orangtuamu. Hidup dibikin simple wae yo, ora usah ribet.

 

Halo Pakde, aku punya pantun nih. Terusin satu pantun ya: Pulang kuliah, kelaparan. Buru-buru makan sayur lodeh. Eh, tahu-tahu lewat perempuan. Hasna, kamu cantik dan baik deh.
Ambarwati, 17 tahun, pelajar.

Yang ini Pakde nyerah dulu nggak papa ya hehehe…

Kamu galau, ada permasalahan hidup atau pengen curhat? EMAIL: [email protected]