Dokter Aditya Surya Pratama adalah dokter medis muda yang sering tampil di televisi. Selain aktif praktik dokter di sebuah rumah sakit, ia juga seorang novelis lho. Plus, ia juga pernah main film. Multitalenta ya? Kamu bisa memanggilnya Kak Adit. Nah, kamu tahu kan, kalau kamu sehat maka kamu akan terlihat cantik? Yuk, tanya aja ke Kak Adit!

Hai Kak Adit, mau tanya dong…kira-kira apa ya penyebab utama timbulnya flek hitam pada kulit?
Rina (23 tahun), karyawati

Jawab:

Hi Rina. Penyebab utama timbulnya flek hitam, beberapa diantaranya karena faktor:

Hiperpigmentasi, adalah kondisi pada kulit yang disebabkan oleh peningkatan melanin, zat dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit (pigmen), dan terjadi ketika area tertentu di area wajah rusak. Hal itu dikarenakan kulit memproduksi melanin berlebih sehingga flek hitam di wajah terlihat lebih jelas.

Hormon yang tidak seimbang, tidak dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit. Ketidakseimbangan hormon biasanya terjadi ketika wanita sedang hamil atau haid. Maka akan muncul flek hitam di wajah.

Paparan sinar matahari berlebih, yang langsung menyentuh wajah akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin.Yang kemudian menimbulkan flek hitam. Oleh sebab itu penting banget untuk melindungi kulit saat beraktivitas di luar rumah. Kamu bisa melindungi kulit dengan memakai sunblock minimal SPF 15, minum air putih yang banyak untuk mencegah kulit terdehidrasi, yang dapat memicu timbulnya flek hitam di kulit, kemudian rajin minum teh yang memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kulit. Dengan rajin minum teh setiap pagi, kamu bisa mendapatkan senyawa polifenol yang akan menghalangi pertumbuhan tumor kulit dengan mengontrol peradangan  dan mencegah kerusakan DNA.

Bertambahnya usia, flek hitam akan muncul seiring bertambahnya usia. Karena kulit tidak bisa lagi memproduksi sel -sel kulit baru seperti ketika masih muda.

Foto: pexels.com

Apa penyebab rambut ketombean, dan bagaimana mengatasinya biar ketombe hilang selamanya? Tolong dijawab ya Kak Adit.
Patricia (16 tahun), pelajar

Jawab:

Pertama, kamu harus mengetahui penyebab datangnya ketombe seperti, kulit iritasi dan berminyak, mungkin kamu jarang keramas, atau sensitif terhadap makanan atau produk tertentu. Solusi awal, kamu cukup menggunakan sampo anti ketombe yang memiliki kandungan berikut: pyrithione zinc, sampo berbasis tar, asam salisilat, selenium sulfide, dan ketoconazole. Cobalah untuk menggunakan sampo ini setiap hari hingga ketombe kamu benar-benar hilang.  Kemudian kurangi waktu pemakaian menjadi 2-3 kali seminggu, atau sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk membaca ketentuan pengguanaan pada botol sampo. Jika sampo telah menunjukkan hasilnya untuk beberapa waktu, lalu khasiatnya mulai menghilang, maka kamu bisa memakainya bergantian dengan jenis sampo lain.

Foto: pixabay.com

Cara mengatasi kram perut saat menstruasi gimana ya Kak? Tolong solusinya ya.
Fatma (17 tahun), pelajar

Jawab:

Mudah kok solusinya, kamu cukup atur posisi tidur seperti janin atau biasa disebut fetal position. Posisi tidur seperti ini akan menekan otot perut dan mengurangi ketegangan. Coba deh kamu praktikkan posisi tidur seperti memeluk lutut.

Hai kak Adit, saya punya masalah berat badan nih. Sudah segala cara saya coba untuk bisa kurus, tapi belum berhasil. Jadi minder karena saya baru masuk kerja. Apa ya kak diet terbaik yang nggak bikin sakit? Mohon jawabannya ya.
Deandra (23 tahun), karyawati

Jawab:

Coba kamu praktikkan diet sehat selama 7 hari di bawah ini ya:

Hari ke-1

Hari pertama, konsumsi buah-buahan selama satu hari penuh sebagai pengganti makan siang dan makan malam. Kamu bebas mengonsumsi buah apa pun kecuali pisang. Buah-buahan dapat mengisi perut kita dengan cepat karena kaya serat, namun nilai kalorinya yang rendah membuat buah cocok untuk menjaga asupan kalori menjadi 1000 – 1200 sepanjang hari. 

Hari ke-2

Hari kedua adalah hari sayur. Kamu hanya diperbolehkan makan segala jenis sayuran, boleh dalam keadaan mentah maupun matang. Selain itu, meski kentang termasuk jenis sayuran yang mengandung karbohidrat, kamu hanya boleh mengonsumsinya saat sarapan, untuk memberi  energi saat kamu menjalani aktivitas.

Hari ke-3

Hari ke-3 ini kamu diperbolehkan makan buah dan sayur. Buah dan sayuran yang dikonsumsi boleh apa saja, kecuali pisang dan kentang. Tidak ada batasan konsumsi sayur dan buah secara spesifik pada hari ketiga tersebut.

Hari ke-4

Hari ini kamu boleh mengonsumsi pisang. Kamu bisa mencampurnya dengan susu untuk dibuat smoothies. Kamu boleh makan antara 6 hingga 8 pisang dan minum 3 gelas susu dalam sehari.

Hari ke-5

Hari ini adalah hari bebas konsumsi protein dan sayuran. Kamu boleh makan daging dengan porsi dibawah 500 gram dalam sehari, telur dan sumber protein lainnya. Yang terpenting, perbanyak minum air putih karena daging akan meningkatkan kadar asam urat.

Hari ke-6

Makanan yang dikonsumsi sama dengan hari ke-5, yaitu protein dan sayuran. Kamu masih boleh mengonsumsi daging, namun tidak boleh mengonsumsi kentang karena mengandung karbohidrat. Kamu boleh mengonsumsi sekitar 284 gram daging sapi, ayam atau ikan dan juga sayuran tanpa batasan jumlah yang spesifik. Namun sebaiknya tetap dibarengi dengan asupan air putih yang cukup.

Hari ke-7

Di hari terakhir ini, makanan yang boleh kamu konsumsi adalah beras merah, buah dan sayuran. Tidak ada batasan jumlah asupan secara spesifik untuk makanan tersebut.

Selain menjalani pola makan di atas, sebaiknya kamu juga mencukupi kebutuhan air putih sebanyak dua liter per hari. Hal ini bertujuan untuk membantu proses detoksifikasi (pengeluaran racun) dalam tubuh kamu ya, Cantik . Langsing boleh, tapi perhatikan kesehatan tubuh kamu juga lho. Jangan sampai tubuh kekurangan asupan nutrisi dan gizi yang tidak seimbang. Stay beautiful but healthy, ya Cantik!

Kamu punya keluhan kesehatan atau perlu informasi medis? email: [email protected]